Depan » , , » Bahaya junk food untuk kesehatan

Bahaya junk food untuk kesehatan

Bahaya junk food untuk kesehatan - Mungkin kita sering mendengar istilah junk food, tapi banyak dari kita belum mengerti apa sih makanan junk food itu?
Junk food adalah termasuk makanan yang tidak sehat karena memiliki jumlah lemak yang tinggi dan memiliki kandungan sedikit nutrisi, biasanya junk food itu identik dengan makanan cepat saji seperti kentang goreng (french fries) atau hamburger.

Meskipun kentang cukup bagus untuk kesehatan karena mengandung protein, karbohidrat dll, namun karena melalui proses menggoreng maka kentang goreng menjadi tidak baik lagi dan tidak sehat jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, kandungan lemak dalam kentang goreng adalah lemak jenuh atau saturated fat yang tidak baik bagi kesehatan, selain itu dalam makanan junk food juga mengandung banyak kandungan garam. Di restorant cepat saji biasanya jenis minuman yang disajikan adalah minuman soft drink seperti cola, jika terlalu sering dikonsumsi akan menjadi tidak sehat bagi kesehatan tubuh.

Untuk anda yang mempunyai anak sebaiknya dibiasakan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan di restorant junk food, karena makanan tersebut benar-benar tidak sehat untuk kesehatan apalagi untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, lebih baik jika dibiasakan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau.

Bahaya junk food untuk kesehatanWHO atau World Health Organization di bawah naungan PBB secara serius membahas mengenai buruknya makanan junk food ini dan organisasi tersebut mengkatagorikan menjadi 10 golongan yang termasuk ke dalam makanan junk food yaitu:
  1. Makanan kalengan, makanan yang dikemas dalam kaleng biasanya seperti buah-buahan atau daging, makanan kaleng menjadi tidak sehat karena setiap makanan kaleng biasanya mengandung bahan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan, bukan hanya itu kandungan gizi dan nutrisi menjadi berkurang.
  2. Makanan gorengan, biasanya makanan gorengan mengandung kalori dan lemak atau minyak yang tinggi, sehingga dapat mengakibatkan kegemukan dan sakit jantung koroner, serta dalam proses meggoreng terjadi zat karsiogenik yang memicu terjadinya penyakit kanker.
  3. Makanan daging yang diproses, sosis, ham dll merupakan makanan daging yang telah diproses, mengandung bahan pewarna dan pengawet yang dapat mengganggu lever atau hati,dalam ham terkandung kadar natrium yang tinggi berakibat gangguan tekanan darah dan ginjal,selain itu juga dapat memicu penyakit kanker dikarenakan makanan tersebut mengandung kandungan garam nitrit.
  4. Mie Instant, mie instant mengandung bahan pengawet yang tidah baik bagi kesehatan, kadar garam di dalam mie instant dapat menyebabkan beratnya beban ginjal, meningkatkan tekanan darah serta mie instan juga mengandung trans lipid yang mengakibatkan gangguan di pembuluh darah jantung.
  5. Makanan yang dibakar atau dipanggang, makanan yang dipanggang atau dibakar dapat mengakibatkan makanan menjadi gosong dan zat yang terjadi dapat memicu terjadinya penyakit kanker.
  6. Keju Olahan, terlalu sering mengkonsumsi keju olahan mengakibatkan meningkatnya berat badan dan meningkatnya gula darah.
  7. Makanan asinan, proses pengasinan makanan membuat kadar garam di dalam makanan menjadi tinggi sehingga memberatkan proses kerja ginjal dan beresiko terkena hipertensi serta berpengaruh terhadap lambung dan usus menjadi iritasi dan meradang.
  8. Makanan manisan kering, makanan ini mengandung garam nitrat dan bila dalam tubuh bergabung menghasilkan zat karsiogenik dan juga mengandung esen segai tambahan sehingga dapat merusak fungsi hati, serta kadar garam yang tinggi beresiko terkena tekanan darah tinggi dan juga memberatkan proses kerja ginjal.
  9. Makanan manis beku, ice cream, cake beku dll termasuk di dalam golongan ini, makanan ini mengandung mentega tinggi sehingga bisa mengakibatkan obesitas dan kadar gula yang tinggi dapat mengakibatkan berkurangnya nafsu makan.
  10. Makanan dengan daging berlemak dan jerohan, makanan ini mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner, kanker usus besar, kanker payudara.
Makanan junk food mungkin lebih banyak efek negatifnya namun bukan berarti anda tidak boleh memakannya sama sekali, mungkin anda dapat memakannya 2 atau 3 kali dalam sebulan, lebih baik menjaga daripada menyesal dikemudian hari bukan?

Ada beberapa tips untuk anda yang terlanjur suka dengan makanan junk food ini:
  • Jika ada pilihan nasi, mintalah nasi untuk pengganti kentang goreng
  • Pesan makanan secukupnya jangan terlalu berlebih
  • Hindari saus mayonaise
  • Untuk minuman pilihlah minuman jus buah atau air putih hindari terlalu banyak minuman soft drink
  • Jika anda makan makanan ayam georeng, buanglah kulitnya karena didalam kulit ayam yang enak mengandung terlalu banyak lemak jenuh dan kolesterol
  • Jika ada salad mintalah, karena salad sangat baik buat kesehatan karena mengandung serat dan vitamin
  • Berusahalah untuk mengurangi mengkonsumsi junk food
  • Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan dan belajarlah untuk melakukan pola hidup sehat.
Artikel lainnya yang perlu anda ketahui : Manfaat madu untuk kesehatan



0 komentar:

Poskan Komentar