Depan » , » Manfaat madu untuk kesehatan

Manfaat madu untuk kesehatan

Manfaat madu bagi kesehatan tubuh dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi, banyak orang yang sudah mengerti akan manfaat madu mereka selalu mengkonsumsi madu setiap hari, selain itu madu bisa juga digunakan sebagai pemanis makanan atau minuman.

Madu merupakan cairan kental berwarna kuning yang indah dan rasanya yang manis, madu ini dihasilkan oleh lebah madu atau sejenis apis dorsata dengan mengambil sari bunga atau nektar.

Bagi penderita Diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi madu terlalu banyak karena madu mengandung banyak zat gula didalamnya, dan mungkin ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi madu tersebut.

Rasa manis madu dihasilkan dari monosakarida fruktosa dan glukosa, dengan rendahnya aktivitas air dalam madu maka mikroorganisme tidak bisa berkembang baik di dalam madu, sehingga madu bisa lebih awet dan tidak gampang rusak.

Manfaat madu untuk kesehatanBeberapa manfaat madu untuk kesehatan:
  1. Sumber energi, madu merupakan bahan bakar bagi para olahragawan karena mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan sehingga menjadi sumber energi, madu dikalangan olahragawan biasanya digunakan sebelum dan sesudah bertanding untuk stamina dan pemulih energi.
  2. Pengobatan batuk dan sakit tenggorokan, menurut penelitian madu juga bisa menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan, serta dapat melawan mikrobakteri penyebab radang selain itu juga dengan makan madu, dapat membantu untuk mengeluarkan dahak di saat batuk.
  3. Pengobatan luka, madu terbukti dapat digunakan untuk pengobatan luka bagi penderita Diabetes dikarenakan pasien tidak bisa menggunakan antibiotik, serta pengobatan untuk luka bakar juga bisa disembuhkan dengan madu karena madu mengandung Osmolaritas yang terbukti dapat mengurangi peradangan sehingga luka dapat cepat kering.
  4. Pengobatan borok, RS Universitas Wisconsin berhasil membuktikan lewat terapi madu bagi penderita Diabetes yang mengalami borok, pasien yang mengalami luka dan hampir membusuk, serta kemungkinan untuk diamputasi namun berkat terapi madu ini si pasien dapat disembuhkan.
  5. Awet muda, orang-orang yang rutin mengkonsumsi madu baik untuk roti maupun minuman biasanya mereka lebih terlihat awet muda dan segarserta tidak gampang sakit.
  6. Pengobatan infeksi, madu mengandung zat antibiotik yang berguna untuk melawan kuman patogen penyebah infeksi.
  7. Membantu sistem pencernaan, Menurut penelitian madu ternyata dapat meningkatkan mikroflora di dalam usus yang berfungsi memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh, serta madu juga dapat mengatasi masalah sembelit yang seringkali terjadi.
  8. Mencegah penyakit jantung dan kanker, madu juga mengandung zat polifenol sejenis antioksidan dan karsinogen yang berfungsi melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan jantung dan mencegah dari bertumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan juga tumor.
  9. Mengobati jerawat, madu terbukti efektif untuk mengatasi masalah jerawat atau acne vulgaris yaitu kondisi dimana kulit mengalami peradangan dan infeksi pada folikel bagian dimana sering terjadi jerawat seperti wajah, dada atau punggung.
  10. Mengobati gatal karena gigitan nyamuk, madu mengandung anti inflamasi atau anti peradangan yang berfungsi mengatasi iritasi dan rasa gatal karena gigitan nyamuk, dengan cara mengoleskan madu di bagian yang terkena gigitan nyamuk.
  11. Meningkatkan sistem imun, di dalam madu terkandung juga zat nutraceuticals dan kaya akan zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang masuk di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.
  12. Dan banyak lagi manfaat madu bagi kesehatan diantaranya memperkuat sel darah putih, menstabilkan tekanan darah, mengobati anemia dll.

Artikel lainnya yang perlu anda ketahui : Sakit maag dan penyebabnya


0 komentar:

Poskan Komentar