Depan » , , , » Mengatasi rambut rontok

Mengatasi rambut rontok

Mengatasi rambut rontok - Sungguh suatu keadaan yang sangat tidak menyenangkan terutama bagi kaum  wanita yang mengalami gangguan rambut rontok apalagi jika jumlah kerontokan rambut diluar batas kewajaran, bayak hal yang dapat menyebabkan rambut rontok baik kondisi medis maupun karena penyakit.

Menurut penelitian jumlah wanita yang mengalami kerontokan di Amrika serikat mengalami peningkatan yang cukup tinggi, dan masalah kerontokan rambut ini juga banyak dialami oleh wanita muda.

Mengatasi rambut rontok
Rambut rontok
Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut rontok:
  1. Obat-obatan, ada beberapa jenis obat yang mempunyai efek yang membuat rambut rontok, namun setelah pemakaian dihentikan maka biasanya kerontokan akan berakhir, diantaranya : obat asam urat, pengencer darah, obat kemoterapi, asupan vitamin A terlalu tinggi, obat antidepresan, kontrasepsi.
  2. Gangguan hormonal, kerontokan terjadi karena gangguan hormon andogen dan estrogen, serta gangguan tiroid.
  3. Siklus pertumbuhan rambut tidak seimbang, pertumbuhan rambut mengalami fase berbeda dan berlangsung antara 2 sampai 6 tahun.
  4. Masa setelah melahirkan, banyak di antara wanita yang mengalami kerontokan sementara sekitar 3 bulan setelah melahirkan.
  5. Gangguan emosional, ada beberapa wanita yang mengalami kerontokan saat mengalami hal-hal traumatik seperti perceraian, kematian anggota keluarga dll
  6. Infeksi jamur kulit kepala, biasanya terjadi pada anak-anak.
  7. Kurang gizi, kerontokan rambut juga dialami oleh mereka yang melakukan diet terlalu ketat, karena kurangnya asupan vitamin untuk kesehatan rambut.
  8. Penyakit autoimun, bagi penderita diabetes atau lupus kerontokan karena mengalami penyakit ini biasa terjadi.
  9. Menopause, dari beberapa orang yang mengalami gejala menopause, biasanya mengalami gejala kerontokan.
Ada beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok :
  • Daun seledri, dengan cara sederhana ini rambut dapat menjadi lebih kuat, sehat dan berkilau, karena mengandung Vitamin A, Vitamin B, zat besi, kalsium dan Natrium.(Penggunaan: seledri yang sudah dihancurkan dicampur dengan telur lalu dileskan di rambut lalu pijit lembut dan biarkan sekitar 30 menit)
  • Lidah buaya (Aloevera), berguna untuk menebalkan dan menyuburkan rambut karena mengandung vitamin dan mineral. (Penggunaan: ambil lendirnya oleskan pada rambut setengah kering lalu pijit lembut dan biarkan selama 15 menit)
  • Alpukat, jika rambut anda rontok karena kering dapat gunakan alpukat yang mengandung nutrisi dan tinggi asam lemak untuk perawatan dan kesehatan. (Penggunaan: hancurkan alpukat yang matang lalu oleskan ke akar rambut sampai ujung rambut lalu pijit lebut dan biarkan selama 30 menit)
  • Kemiri, berfungsi menguatkan akar rambut dan menghitamkan rambut dapat digunakan saant creambath.
  • Minyak esensial, seperti lemon, lavender, basil dan jelatang. (Penggunaan: teteskan pada kulit kepala lalu pijit lembut secara merata dan biarkan semalaman)
  • Pemijatan kepala, bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah di kepala, bisa dengan melakukan creambath di salon secara berkala atau dilakukan sendiri di rumah dengan cara mencampur cream creambath dengan lidah buaya, alpukat atau minyak kemiri sebagai nutrisi bagi rambut.
  • Teh hijau, dapat digunakan untuk mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan batang rambut karena didalamnya terkandung anti oksidan. (Penggunaan: oleskan pada rambut daun teh hijau yang telah diseduh dengan air hangat dan pijit lembut lalu biarkan selama 30 menit)
  • Meditasi, dengan melakukan hal ini rambut rontok yang dikarenakan stres dan ketegangan dapat dikurangi.
  • Pengobatan minyak, seperti  minyak zaitun dan canola. (Penggunaan: panaskan minyak tersebut sampai hangat, lalu oleskan ke kulit kepala dan pijit dengan lembut dan biarkan selama 1 jam)
Baberapa tips lain yang perlu anda ketahui untuk mengatasi rambut rontok:
  • Jika memungkinkan hindari penggunaan bahan kimia yang tidak perlu seperti pewarna rambut yang terlalu sering, karena campuran pewarna rambut yang keras membuat rambut anda rusak dan rontok.
  • Jangan terlalu sering mengikat rambut terlalu ketat karena akar rambut anda akan tertarik dan jika terlalu sering rambut anda akan rontok.
  • Bersihkan rambut jika anda terkena air hujan atau air laut , karena membuat rambut anda kering, rusak dan rontok.
  • Gunakan conditioner yang mengandung protein bagi rambut saat anda keramas
  • Gunakan shampo yang dapat mengatasi rambut rontok
  • Jangan menggunakan pengering rambut sampai rambut anda kering
  • Hindari keramas menggunakan air yang terlalu panas
  • Jangan menyisir rambut yang kusut dengan paksa setelah anda keramas
  • Makanlah makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Berolahraga secara teratur
Karena itu lakukan perawatan terhadap rambut anda setiap hari dan berikan nutrisi yang tepat untuk rambut anda serta lakukan pola hidup sehat.

0 komentar:

Poskan Komentar