Depan » , , » Manfaat mendengarkan relaxing instrumental music

Manfaat mendengarkan relaxing instrumental music

Instrumental music│relaxing music - Musik merupakan suatu alunan nada-nada yang harmonis melalui alat musik baik itu alat musik tunggal maupun gabungan beberapa alat musik.

Hampir setiap orang bahkan mungkin semua orang di dunia ini senang mendengarkan musik, walaupun setiap orang mempunyai kesukaan yang berbeda dalam hal jenis musik, namun tidak hanya itu dengan mendengarkan musik ternyata bisa bermanfaat juga untuk kesehatan.

Jenis musik yang bisa bermanfaat untuk kesehatan adalah musik klasik, celtic dan musik-music yang lembut seperti instrumental music atau relaxing music.

Relaxing instrumental music therapyManfaat mendengarkan musik klasik atau instrumental music untuk kesehatan:
  • Mengurangi tekanan darah, untuk mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi dianjurkan untuk setiap pagi dan malam minimal 30 menit mendengarkan musik yang tenang seperti musik klasik atau celtic bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.
  • Membuat suasana hati lebih rileks, lewat beberapa penelitian bahwa mendengarkan musik lembut ternyata dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih senang dan rileks, sangat bermanfaat untuk mereka yang sedang mengalami stres.
  • Daya tahan tubuh meningkat, menurut penelitian dengan mendengarkan musik juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekitar 15 persen, suatu penelitian yang dilakukan  dengan mendengarkan musik sambil berolahraga ternyata dapat membuat kondisi tubuh tetap prima dan dapat bertahan lebih lama.
  • Pikiran lebih fokus, lewat penelitian yang dilakukan dengan mendengarkan musik yang lembut dapat merangsang aktivitas didalam otak, sehingga meningkatkan pikiran menjadi lebih fokus dan rileks.
  • Kemampuan otak meningkat, lewat penelitian dengan mendengarkan musik terbukti dapat meningkatkan fungsi otak, memperkuat daya ingat, meredakan stres, membantu mereka yang mengalami kondisi mental yang kurang stabil serta meningkatkan kecerdasan.
  • Terapi penyembuhan penyakit, dengan musik para pasien yang sedang menjalani terapi dapat terbantu karena musik ternyata dapat memberi dampak positif bagi pengobatan penyakit jangka panjang seperti kanker, stroke, jantung maupun gangguan pernafasan, menurut beberapa penelitian musik dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa cemas, rasa sakit, detak jantung lebih stabil.
  • Membantu penderita imsomnia, bagi mereka yang sulit tidur atau penderita insomnia dianjurkan untuk mendengarkan musik yang lembut atau musik klasik selama 45 menit sebelum tidur, dengan musik ini otak menjadi rileks sehingga dapat tidur dengan pulas.
  • Membantu perkembangan janin, beberapa penelitian membuktikan bahwa janin yang diperdengarkan musik klasik akan membuat pertumbuhan janin lebih baik dan membuat si anak nantinya lebih pintar.
  • Meningkatkan kemampuan motorik, penelitian membuktikan juga bahwa mereka yang mendengarkan musik sebelum berolahraga kemampuan motoriknya akan meningkat sehingga dapat melempar, melompat dan menangkap lebih baik dan lebih fokus.
  • Merangsang hormon dopamine, musik klasik bisa merangsang hormon dopamine yaitu hormon yang mempengaruhi mood, emosi serta daya ingat, musik klasik seperti karya Mozart dan Vivaldi dapat menaikkan mood sehingga mempengaruhi mood menjadi lebih bersemangat.
Itulah artikel mengenai manfaat mendengarkan relaxing instrumental music untuk relaxing, sangat bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami stres sehingga pikiran anda menjadi lebih rileks, semoga bermanfaat.



0 komentar:

Poskan Komentar