Depan » , , » Tips cara menghilangkan ketombe

Tips cara menghilangkan ketombe

Cara menghilangkan ketombe - Ketombe terjadi karena mengelupasnya sel-sel di kulit kepala yang sudah mati namun pengelupasan ini terjadi secara tidak normal atau berlebihan, dan jika ketombe semakin banyak akan menimbulkan rasa gatal di sekitar lapisan kulit kepala sehingga membuat kita sering menggaruk kulit kepala dan mengakibatkan kulit kepala menjadi iritasi dan kemerahan.

Biasanya ketombe akan banyak berjatuhan ke bagian bawah kepala yaitu ke pakaian kita disekitar pundak dan punggung atas, membuat kita menjadi risih sehingga seringkali orang yang berketombe menghindari pakaian-pakaian yang berwarna gelap.

Cara menghilangkan ketombe
Ketombe
Cara menghilangkan ketombe dengan shampoo :
Shampoo yang beredar dipasaran sudah banyak yang memproduksi shampoo anti ketombe namun produk tersebut biasanya hanya mengatasi gejala saja jadi tidak mengatasi sumber penyebabnya, dan bahan shampoo yang digunakan biasanya mengandung  belerang, zinc pyrithione, coal tar, selenium sulfida dan asam salisilat.

Jika ketombe anda masih tergolong ringan anda bisa meminimalisir ketombe dengan keramas menggunakan shampoo anti ketombe biasa setiap hari namun jika kondisi sudah agak parah gunakan shampoo atau obat khusus anti ketombe yang mengandung asam salisilat, zinc pyrithione, selenium sulfida dan zat aktif lainnya namun hindari penggunaan obat atau shampoo ini terlalu sering karena efeknya yang cukup keras, baca aturan pemakaian dan bisa juga diseling dengan shampoo biasa, dan jika ketombe sudah hilang hentikan pemakaian obat ini.

Tips cara menghilangkan ketombe secara alami:
  • Jeruk lemon, campurkan lemon dengan minyak kelapa lalu pijitkan ke kulit kepala biarkan beberapa jam lalu bilas.
  • Lidah buaya, oleskan bagian dalam lidah buaya yang telah dikupas kulitnya lalu oleskan dan dan pijit-pijit selama 10 menit lalu bilas.
  • Santan kelapa, campurkan santan, nanas yang sudah diblender, perasan jeruk nipis dan air kelapa  siramkan ke kepala lalu pijit-pijit lalu keramas lakukan seminggu sekali.
  • Minyak zaitun, campurkan minyak almond dan minyak zaitun lalu oleskan dan pijit-pijit biarkan seperempat jam lalu bersihkan.
  • Baking soda, saat anda keramas campurkan baking soda dengan sampo lalu biarkan beberapa menit lalu bilas.
  • Cuka putih, campurkan air dan cuka lalu siramkan ke kepala anda saat selesai berkeramas dan biarkan beberapa menit lalu bilas bersih.
  • Garam, sebelum anda keramas taburkan sedikit garam ke kepala dalu pijit-pijit dengan lembut setelah selesai keramaslah sampai bersih.
Faktor pemicu timbulnya ketombe di kepala:
  • Alergi
  • Stres
  • Jamur
  • Kulit Kepala Terlalu Berminyak
  • Psoriasis atau Penyakit Kulit Lain
Semoga dengan artikel cara menghilangkan ketombe ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin mengalami gangguan masalah ketembe yang sangat menjengkelkan meskipun tidak terlalu berbahaya namun tentunya sangat menggangu, apalagi kita seringkali menjadi risih pada saat kepala kita berketombe, jika berdekatan dengan orang sehingga kita menjadi kurang percaya diri dan minder.




0 komentar:

Poskan Komentar