Depan » , » Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya

Cara menghilangkan kutu rambut - Kutu rambut serta telur kutu biasanya seringkali dialami oleh anak-anak yang kurang menjaga kebersihan terutama pada rambutnya, atau bisa juga tertular kutu rambut saat berdekatan dengan orang yang memiliki kutu rambut di kepalanya.

Karena itu biasakan untuk selalu menjaga kebersihan dengan rutin keramas dan jangan biarkan rambut kotor, bau ataupun berminyak terlalu lama karena dengan rambut yang kotor dapat membuat kutu rambut hidup dan bertumbuh di kepala.

Kutu rambut hidup dengan menghisap darah di kulit kepala sebagai makanannya sehingga kulit kepala akan terasa gatal luar biasa dan biasanya kutu rambut mudah terlihat di bagian pinggir kepala, dekat telinga dan leher, kutu rambut jantan berukuran lebih kecil dari kutu rambut betina dan berkembang biak sangat cepat.

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya
Kutu rambut
Cara menghilangkan kutu rambut:
  • Memotong rambut, untuk anak laki-laki mungkin mudah untuk memotong rambutnya sampai botak sehingga kutu rambut dapat langsung dihilangkan, namun untuk wanita rambutnya bisa dipotong pendek agar pertumbuhan kutu rambut tidak semakin banyak.
  • Menggunakan sisir rapat, terutama untuk wanita yang tidak dapat memotong rambutnya hingga gundul bisa menggunakan sisir rapat atau serit untuk mengurangi kutu rambut di kepala.
  • Menggunakan bahan alami, untuk menghilangkan kutu rambut bisa juga dengan bahan alami selain harganya yang murah juga lebih aman untuk rambut dan kepala dibandingkan dengan obat kimia pembasmi kutu.
  • Menggunakan obat kimia pembasmi kutu rambut, obat ini bisa didapatkan di toko obat maupun apotik, memang hasilnya akan lebih efektif namun kadang kala rambut menjadi rontok, berketombe atau kulit kepala menjadi gatal karena efek dari obat kimia tersebut.

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami:
  • Sisir rapat atau serit, sering-seringlah menggunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu rambut yang bergelantungan di rambut, meskipun tidak bisa menghilangkan kutu rambut secara total tapi paling tidak dengan cara ini kutu rambut akan banyak berkurang.
  • Cuka putih, dengan menggunakan cuka putih bisa juga untuk mengatasi kutu rambut dan telurnya namun cuka putih hanya berfungsi untuk melepaskan pegangan kutu rambut yang bergelantungan pada rambut di kepala, meskipun tidak bisa untuk membunuhnya namun cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan kutu rambut di kepala selain itu cuka putih mengandung antiseptik untuk membersihkan kulit kepala dari jamur, kotoran dan bakteri. Caranya basahi rambut dengan cuka putih lalu ratakan sambil dipijit-pijit perlahan lalu tutup dengan topi mandi dan biarkan selama 30 menit setelah itu sisir menggunakan sisir rapat atau serit lalu keramas sampai bersih, jika kutu rambut dan telurnya masih tersisa di kepala dapat diulangi kembali di hari berikutnya. 
  • Minyak kelapa, dengan membasahi kulit kepala dengan minyak kelapa yang sudah dihangatkan lalu tutup dengan handuk dan biarkan semalaman lalu keramas sampai bersih keesokan paginya, lakukan selama 3 malam berturut-turut.
  • Minyak kayu putih dan jeruk nipis, siapkan 2 sendok makan minyak kayu putih dengan mencampurkan air jeruk nipis, lalu oleskan ke kulit kepala sambil dipijit-pijit perlahan lalu tutup dengan topi mandi dan biarkan kurang lebih satu jam lalu keramas sampai bersih, setelah itu sisir dengan sisir rapat atau serit, ulangi cara ini dihari berikutnya jika kutu rambut masih tersisa.
  • Bawang Merah, hancurkan bawang merah sampai lembut lalu oleskan ke kulit kepala dan pijit-pijit dengan lembut lalu biarkan beberapa saat sambil ditutup dengan topi mandi kemudian keramas sampai bersih.
Cara mencegah bersarangnya kutu rambut di kepala:
  • Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan rambut anda dengan cara rutin keramas.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang mempunyai kutu di rambutnya.
  • Jangan menggunakan topi atau accesories kepala lainnya dengan orang lain.
  • Hindari tidur bersebelahan dengan orang yang mempunyai kutu rambut di kepalanya.
  • Rutin mencuci sarung bantal.
Semoga artikel Cara menghilangkan kutu rambut ini bisa bermanfaat, karena itu kita harus rajin menjaga kebersihan rambut mulai dari sekarang agar terhindar dari kutu rambut dan telurnya di rambut kita.




0 komentar:

Poskan Komentar