Depan » , » Manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat alpukat - Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya buah alpukat, selain enak rasanya juga dapat dibuat bermacam jenis makanan dan minuman seperti kue, es krim, sop buah, jus alpukat dan banyak lainnya, dan tidak hanya itu alpukat juga ternyata sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan juga kecantikan karena mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Alpukat merupakan makanan sehat yang mengandung Vitamin A, B, C, E, K, zat besi, phosporus, copper, kalium dan magnesium yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari bermacam penyakit.
Manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan
Alpukat

Beberapa manfaat pohon alpukat dari batang, kulit, daun, buah sampai bijinya:
  • Biji alpukat juga dapat digunakan untuk pewarna dalam industri pakaian dan mengobati kencing manis dan sakit gigi.
  • Batang pohon alpukat bisa juga digunakan untuk bahan bakar.
  • Kulit pohonnya bisa digunakan untuk pewarna untuk bahan kulit. 
  • Daunnya bisa digunakan untuk kencing batu, sakit kepala, darah tinggi, nyeri lambung, menstruasi tidak teratur, pembengkakan saluran nafas dan nyeri syaraf.
  • Dagingnya tentunya sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan wajah:
  • Sebagai antioksidan, alpukat mengandung asam oleat yang berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.
  • Menyehatkan jantung, alpukat mengandung asam folat dan juga vitamin B6 yang berfungsi mengatur peningkatan resiko seseorang terkena penyakit jantung, serta kandungan glutathione, vitamin E dan juga lemak tak jenuh tunggal berperan menjaga kesehatan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah, kandungan kalium dan potasium dalam alpukat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Mencegah stroke, kandungan asam folat dalam alpukat sangat baik untuk menghindari kita dari serangan stroke.
  • Mencegah kanker, lewat penelitian yang dilakukan kandungan dalam alpukat serta asam oleat sangat efektif untuk mencegah kanker payudara dan kanker prostat.
  • Mengatasi diabetes, kandungan lemak baik di dalam alpukat dapat meningkatkan kadar insulin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh serta alpukat juga kaya akan kalium yang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan juga trigliserida.
  • Menurunkan kolesterol, kandungan beta sitosterol dalam alpukat sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, sehingga menurunkan resiko terkena penyakit darah tinggi, kanker, stroke dan jantung.
  • Mencegah anemia, kandungan zat besi dan tembaga dalam alpukat yang membantu proses regenerasi sel darah merah sehingga dapat mencegah penyakit anemia.
  • Menyusutkan lemak diperut, kandungan lemak nabati dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan, dan juga senyawa fitonutrien membantu untuk membuang lemak di perut namun hindari menggunakan gula tambahan serta susu kental karena akan membuat tubuh menjadi gemuk. 
Menyehatkan rambut:
Selain manfaat buah alpukat di atas untuk kesehatan, alpukat juga bisa digunakan untuk menyehatkan rambut agar tampil indah dan berkilau, karena kandungan vitamin E yang tinggi dalam alpukat sangat efektif untuk membuat rambut menjadi sehat dan berkilau, caranya adalah sebagai berikut:

         1. Siapkan bahan-bahan ini:
                - 1 buah alpukat matang lalu lembutkan
                - 1 butir telur
                - 2 sendok makan yoghurt
                - 1 sendok teh minyak jojoba
                - Setengah sendok teh minyak rosemary
        2. Campurkan semua bahan sampai merata
        3. Lalu pakai bahan campuran tadi pada rambut anda secara merata
        4. Pijit dengan rembut secara perlahan
        5. Biarkan selama 2o menit
        6. Setelah itu keramas dengan shampoo
        7. Bilas sampai bersih

Mengatasi kulit kering pada wajah:
Kandungan buah alpukat kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan seperti vitamin A, Vitamin E, riboflavin, niasin, potasium yang sangat efektif untuk kesehatan kulit terutama wajah.
Untuk mengatasi kulit kering bisa menggunakan masker alpukat, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan sebuah alpukat namun pilih yang belum terlalu matang
  2. Belah menjadi 2 bagian lalu lembutkan
  3. Campurkan susu sapi murni secukupnya
  4. Gunakan sebagai masker
  5. Lalu bilas dengan air hangat
Itulah sekilas mengenai manfaat alpukat baik untuk kesehatan maupun kecantikan, dengan banyaknya manfaat buah alpukat tidak ada salahnya kita membiasakan mengkonsumsi buah alpukat ini agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari bermacam penyakit, semoga bermanfaat.




0 komentar:

Poskan Komentar