Depan » » Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya

Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya

Penyebab sakit kepala - Hampir setiap kita mungkin pernah mengalami yang namanya sakit kepala baik itu ringan maupun berat dan biasanya kita langsung minum obat sakit kepala untuk menghilangkan rasa sakit di kepala.

Sakit kepala bisa menyerang siapa saja, untuk sakit kepala ringan mungkin dengan obat penghilang sakit kepala akan cepat hilang namun ada juga sakit kepala yang berat hingga sangat berat yang mengakibatkan seseorang menjadi pusing dan pingsan atau tak sadarkan diri.

Sebaiknya kita perlu berhati-hati dan waspada jika sakit kepala yang berkepanjangandan semakin parah terjadi segera periksakan ke dokter dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut karena jika sakit kepala dikarenakan penyakit yang serius maka penanganan dini akan dapat segera diambil tindakan dan pengobatan.

Penyebab sakit kepala
Sakit kepala
Beberapa penyebab sakit kepala baik ringan maupun berat:
  • Kurang tidur, untuk anda yang sering tidur larut dan bangun pagi-pagi, sehingga waktu tidur menjadi berkurang dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala, selain itu dapat membuat tubuh menjadi kurang fit dan gampang sakit, karena itu usahakan untuk tidur cukup setiap hari.
  • Kurang darah, kurangnya jumlah sel darah merah didalam tubuh atau anemia mengakibatkan kandungan oksigen dalam darah yang disuplai ke bagian otak menjadi berkurang sehingga mengakibatkan terjadinya rasa ngantuk, pusing bahkan sakit kepala.
  • Stres dan depresi, jika anda terlalu tegang karena stres, depresi ataupun cemas serta kuatir yang berkepanjangan maka hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya tekanan didalam otak sehingga memicu terjadinya sakit di kepala.
  • Gangguan pada jantung, sakit kepala bisa juga terjadi karena adanya gangguan pada jantung karena terganggunya asupan darah ke jantung sehingga aliran darah menjadi tidak teratur.
  • Kolesterol, kadar kolesterol, trigliserida dan gula darah yang berlebihan di dalam tubuh juga dapat memicu terjadinya sakit kepala karena aliran darah terhambat.
  • Gejala stroke, sakit kepala bisa juga merupakan tanda-tanda awal terjadinya stroke, karena itu jika sakit kepala berkepanjangan sebaiknya segera periksakan ke dokter.
  • Sakit Gigi, gangguan masalah gigi dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala karena syaraf di sekitar gigi terhubung ke bagian syaraf di kepala.
  • Posisi leher atau kepala yang tidak nyaman, saat anda menggunakan telepon dengan menjepitnya dengan kepala dan bahu atau saat anda duduk di depan komputer terlalu lama dengan posisi kepala yang menunduk mengakibatkan  terjadinya ketegangan di sekitar leher sehingga memicu terjadinya sakit kepala.
  • Usia lanjut, pada saat orang memasuki usia lanjut maka fungsi organ akan semakin berkurang sehingga memungkinkan orang yang sudah berusia lanjut akan lebih sering mengalami sakit kepala. 
  • Beban di pundak, untuk mereka yang sering membawa tas berat dengan tali yang menekan pundak anda ini akan membuat leher kaku dan sakit di kepala.
  • Kopi berkafein, bagi anda yang sering mengkonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir per hari akan beresiko mengalami sakit kepala, jika hal itu terjadi gunakanlah kopi tanpa kafein.
  • Tumor otak, sakit kepala kronis bisa jadi disebabkan oleh karena terjadinya gangguan di bagian kepala seperti tumor otak dan hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa jadi perlu penanganan secara serius.
Beberapa cara mengatasi penyebab sakit kepala secara alami:
  • Tidur cukup, biasakan untuk tidur tidak terlalu larut dengan waktu tidur yang cukup 7 sampai 8 jam setiap hari sangat membantu untuk mengatasi sakit kepala.
  • Hindari radiasi sinar pada mata, untuk anda yang sering menggunakan komputer terlalu lama sebaiknya anda gunakan layar anti radiasi agar mata terlindung dari radiasi yang memperburuk kesehatan mata anda.
  • Minum air cukup, dengan minum air putih yang cukup setiap hari membuat organ tubuh menjadi lebih sehat, asupan oksegen ke otak menjadi menjadi lancar.
  • Olah raga secara teratur, dengan berolahraga seperti aerobik atau peregangan maka tubuh menjadi sehat sehingga peredaran darah lebih lancar.
  • Lakukan pijat ringan, melakukan pemijatan ringan di sekitar kepala, leher, pelipis dan bahu selama beberapa menit akan memperlancar peredaran darah di bagian kepala.
  • Kompres es batu, dengan menempelkan es batu yang dibungkus kain di sekitar kepala, leher belakang dan bahu akan dapat mengurangi rasa sakit di kepala karena ketegangan atau stres.
  • Menenangkan pikiran, ambilah waktu beberapa menit untuk berdiam diri atau meditasi dengan memejamkan mata dan menarik nafas dan mengeluarkannya secara pelan-pelan dan tenangkan pikiran, maka kepala menjadi lebih rileks dan tenang.
Semoga artikel mengenai penyebab sakit kepala ini dapat bermanfaat bagi sobat semua, jika sakit kepala terjadi segeralah cari tahu penyebabnya dan lakukan pengobatan ataupun tindakan yang tepat dengan segera. Semoga bermanfaat.



0 komentar:

Poskan Komentar