Depan » » Ciri-ciri wanita hamil

Ciri-ciri wanita hamil

Ciri-ciri wanita hamil - Banyak dari pasangan muda yang baru menikah menginginkan secepatnya mempunyai momongan, karena mempunyai anak apalagi anak pertama merupakan kebahagiaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun.

Namun tidak sedikit pasangan yang sulit untuk mendapatkan momongan meskipun sudah berusaha berobat ke dokter atau dengan bermacam cara, namun jika pengetahuan anda mengenai agar cepat hamil kurang maka semua akan sia-sia, karena itu untuk anda yang ingin mendapatkan pengetahuan lebih dalam agar usaha anda menjadi efektif dan tidak sia-sia maka anda dapat simak disini: tips agar cepat hamil.

Sebagai pasangan muda yang ingin secepatnya hamil maka tidak ada salahnya anda mengetahui cici-ciri wanita hamil sebagai pengetahuan sehingga persiapan kehamilan bisa dipersiapkan dengan baik, meskipun ciri-ciri yang akan dijelaskan di bawah ini berbeda untuk setiap orang.

ciri-ciri wanita hamil
Wanita hamil
Beberapa ciri-ciri yang umum pada wanita hamil:
  • Ngidam, ini merupakan keinginan yang datang secara tiba-tiba dan harus dituruti, dan keinginan tersebut bisa bermacam-macam bahkan bisa juga yang sedikit aneh, namun biasanya yang mengidam adalah ingin makan makanan yang asam seperti buah-buahan asam.
  • Mual dan muntah, meningkatnya hormon progesteron secara tiba-tiba dalam darah berfungsi untuk mempertahankan kandungan untuk menghindari keguguran sehingga membuat rasa mual dan muntah atau sering disebut juga dengan morning sickness, selain itu penciuman akan berubah sehingga sangat sensitif terhadap bau, seperti bau aroma teh, kopi atau makanan kesukaan lainnya sehingga menjadi merasa mual.
  • Organ tubuh untuk menyusui terasa nyeri, hormon estrogen dan progeteron yang meningkat membuat oragan tubuh untuk menyusui terasa nyeri, selain itu juga organ untuk menyusui akan mengalami pembengkakan.
  • Rambut dan kuku bertumbuh lebih subur, karena pengaruh perubahan hormonal menyebabkan pertumbuhan kuku dan juga rambut menjadi lebih subur.
  • Lebih sering buang air kecil, biasanya ini terjadi karena kandung kencing tertekan oleh rahim yang membesar dan produksi cairan tambahan di dalam tubuh untuk janin menjadi meningkat sehingga membuat sering buang air kecil.
  • Cepat lelah, kinerja organ vital di dalam tubuh serta adanya perubahan hormonal dalam membantu pertumbuhan janin membuat tubuh akan merasa sangat lelah.
  • Sakit kepala, perubahan hormon dalam tubuh terutama di kepala membuat kepala kadang menjadi sakit bahkan sulit untuk lebih fokus dan berkonsentrasi.
  • Sembelit, meningkatnya hormon progesterone membuat otot rahim akan lebih kendur dan mempengaruhi juga otot dinding usus maka akan menimbulkan terjadinya susah buang air besar atau sembelit.
  • Pinggang mengalami kram, rahim pada wanita hamil akan mengalami pembesaran  maka perengggangan ini menimbulkan gejala kram di sekitar pinggang.
  • Punggung terasa sakit, ini terjadi karena hilangnya beberapa ligamen di daerah punggung.
  • Perut membesar, pertumbuhan janin di dalam kandungan mempengaruhi bentuk tubuh terutama bagian perut menjadi lebih besar dan biasanya akan terlihat mulai memasuki minggu ke 16.
  • Pusing, rendahnya kadar gula darah di dalam tubuh menjadi penyebab terjadinya rasa pusing di kepala.
  • Suasana hati sering berubah, ini terjadi dikarenakan adanya hormon-hormon baru di dalam tubuh sehingga mood menjadi lebih sering berubah-ubah.
  • Bau badan meningkat, penyebabnya adalah karena meningkatnya hormon di dalam tubuh sehingga kelenjar keringat akan ikut meningkat.
  • Suhu tubuh akan meningkat, dikarenakan adanya proses kehamilan di dalam tubuh sehingga mempengaruhi suhu tubuh menjadi lebih meningkat.
  • Munculnya bercak darah, disebabkan karena menempelnya embrio atau implantasi pada saat kehamilan namun seringkali bercak ini dikira sebagai menstruasi.
  • Tidak mendapat haid pada bulan berjalan, jika anda mempunyai siklus menstruasi yang teratur lalu pada bulan berjalan mengalami keterlambatan ada baiknya anda segera melakukan test kehamilan.
  • Hasil test positif, jika saat anda terlambat haid dan hasil test menunjukkan positif segera lakukan pemeriksaan ulang ke dokter untuk memastikan terjadinya kehamilan. 
Dengan adanya ciri-ciri wanita hamil ini maka untuk pasangan yang baru menikah akan menjadi lebih siap menyambut datangnya kehamilan, ciri-ciri di atas merupakan ciri secara umum yang biasa dialami oleh para wanita yang sedang hamil, tapi untuk kepastian kehamilan hanya bisa diketahui lewat pemeriksaan dokter, hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, obat-obatan ataupun asap rokok agar proses pertumbuhan janin berjalan baik dan perbanyak makan makanan yang bergizi, semoga bermanfaat.




0 komentar:

Poskan Komentar