Depan » , » Manfaat vitamin C bagi tubuh

Manfaat vitamin C bagi tubuh

Manfaat vitamin C - Vitamin C dalam istilah kesehatannya disebut L-ascorbate atau ascorbic acid tentunya setiap kita sudah tidak asing lagi, kita bisa mendapatkan vitamin C dari makanan alami seperti buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin C atau bisa juga mengkonsumsi Vitamin C berupa suplemen yang sudah dikemas berupa tablet maupun minuman yang banyak dijual dipasaran.

Vitamin C memiliki sifat yang mudah larut di dalam air dan jika tubuh sudah cukup menyerap vitamin ini maka vitamin C akan dibuang menjadi air seni dalam waktu 24 jam, karena rasanya yang asam tidak semua orang bisa dengan leluasa mengkonsumsi vitamin C ini dalam dosis yang tinggi, jika lambung anda tidak tahan anda dapat mengurangi dosisnya atau bisa mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin C.

Manfaat vitamin C bagi tubuh
Vitamin C
Fungsi vitamin C bagi tubuh:
  • Vitamin C tentunya sangat penting bagi kesehatan tubuh selain itu bermanfaat untuk komponen struktural penting dari pembuluh darah, ligamen, tendon dan tulang serta diperlukan juga untuk sintesis kolagen, neurotransmitter dan juga norepinefrin.
  • Juga yang tak kalah penting dari vitamin C ini dapat berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh. 
Makanan yang mengandung Vitamin C:
Tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C setiap harinya karena tubuh tidak dapat memproduksi Vitamin C sendiri, karena itu sangat disarankan untuk banyak makan makanan alami seperti buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin C, seperti nanas, kiwi, jeruk, strawberry, melon, raspberry, tomat, brokoli, paprika dan masih banyak yang lainnya. (Bisa anda lihat pada gambar di bawah artikel)

Kebutuhan Vitamin C per hari:
Setiap orang kebutuhan asupan vitamin C bisa berbeda-beda tergantung dari usia, jenis kelamin, kondisi psikologis maupun banyaknya aktifitas seseorang.
Untuk orang dewasa pria membutuhkan vitamin C 90 mg/hari dan wanita 75 mg/hari sedangkan anak-anak usia 14 sampai 18 tahun membutuhkan vitamin C 65 mg/hari,
Namun jika kondisi tubuh sedang kurang fit dosis vitamin C dapat ditingkatkan yaitu dengan mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi, namun sebaiknya vitamin C dalam dosis tinggi tidak dikonsumsi untuk waktu lama karena dapat mengakibatkan terganggunya penyerapan vitamin B12, meningkatnya asam lambung sehingga dapat mengiritasi dinding lambung, memicu terbentuknya batu ginjal.

Akibat dari kurangnya asupan Vitamin C:
Jika tubuh kekurangan vitamin C maka biasanya akan terjadi gejala-gejala seperti sariawan, panas dalam, anemia, radang gusi, mimisan, kulit kering, nyeri sendi serta berkurangnya daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Beberapa manfaat Vitamin C bagi tubuh:
  • Untuk pemulihan dan daya tahan tubuh, Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting karena dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit serta memulihkan kondisi tubuh setelah melakukan aktifitas atau kegiatan sehari-hari agar tubuh kembali fit.
  • Membantu proses pertumbuhan, vitamin C sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tubuh serta memperbaiki jaringan di dalam tubuh, seperti membantu penyembuhan luka, memelihara kesehatan gigi dan tulang, selain itu membantu membentuk colagen, protein untuk pembentukan kulit, ligamen, tendon serta pembuluh darah.
  • Memperbaiki mood, dengan rutin mengkonsumsi Vitamin C sebagai antioksidan maka radikal bebas yang terjadi akibat stres dapat ditangkal sehingga dapat memperbaiki mood seseorang.
  • Menurunkan kadar kolesterol, menurut beberapa penelitian membuktikan bahwa vitamin C dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Manfaat vitamin C untuk kecantikan:
  • Sebagai antioksidan, sangat efektif untuk melindungi kulit dari radikal bebas sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersih.
  • Perawatan kecantikan, Vitamin C berperan melancarkan peredaran darah sehingga kulit akan terlihat lebih segar, selain itu vitamin C dapat membantu membuat kulit lebih halus, mencegah kekeringan dan menjaga kelembaban kulit serta menghambat enzim tirosinase yang membantu pembentukan pigmen di kulit.
  • Membantu dalam proses produksi kolagen, serta meningkatkan sintesis kolagen.
  • Mengurangi terjadinya penuaan dini, seperti terbentuknya garis halus, kerutan pada kulit, kulit kusam dan tidak segar.
Itulah manfaat vitamin C bagi tubuh yang sangat penting dikonsumsi setiap hari agar tubuh kita tetap sehat dan segar, semoga bermanfaat.
 Manfaat vitamin Cfoodandarts.blogspot.com



0 komentar:

Poskan Komentar