Depan » , » Efek negatif junk food bagi otak

Efek negatif junk food bagi otak

Efek negatif junk food bagi otak - Setiap kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Junk food dan tentunya junk food ini merupakan makanan favorit bagi setiap kita, karena rasanya yang enak membuat setiap kita ketagihan untuk selalu mengkonsumsinya, apalagi saat sedang lapar junk food seringkali menjadi makanan pilihan.

Namun tahukah anda bahwa junk food ternyata tidak baik untuk kesehatan kita, karena junk food tidak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh kita, jadi jika anda ingin sehat tapi tetap mengkonsumsi junk food pastilah anda salah besar.

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap tikus putih membuktikan bahwa mengkonsumsi junk food dapat menyebabkan terjadinya gangguan di otak selain itu memberi efek ketagihan seperti jika berhenti mengkonsumsi makanan junk food akan memicu rasa cemas serta depresi.

Efek negatif junk food bagi otak
Junk food
Universitas Montreal yang meneliti masalah junk food ini melakukan percobaan dengan memberikan tikus putih makanan yang mengandung tinggi gula dan lemak seperti kandungan junk food, mereka akan mengalami aktivitas kimia berbeda di otaknya dan menunjukkan gejala ketagihan saat konsumsi makanan tersebut dihentikan.

Menurut Dr. Stephanie Fulton, perubahan pola makan dapat menyebabkan timbulnya gejala ketagihan serta sensitivitas yang cukup tinggi terhadap situasi yang menimbulkan stres sehingga mengakibatkan terjadinya pola makan yang buruk.

The International Journal of Obesity memuat penelitian yang dilakukan terhadap tikus putih selama 6 minggu, tahap pertama tikus putih diberikan makanan rendah lemak tahap kedua tikus putih diberikan makanan tinggi lemak.

Hasil dari penelitian tersebut membuktikan bahwa 11 persen tikus putih yang diberikan makanan lemak tinggi terjadi peningkatan pada lingkar pinggang, serta terjadinya perubahan kimia di otak sehingga mempengaruhi emosi serta perilaku mereka.

Penelitian mengenai efek negative dari junk food terhadap otak ini bukan yang pertama kali, beberapa penelitian menunjukkan tingginya mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dapat mempengaruhi funsi otak serta volume otak.

Menurut Dr. Gene Bowman dari Oregon Health and Science University sebaiknya kita menghindari mengkonsumsi makanan junk food yang tidak sehat, karena makanan yang mengandung trans fat tidak hanya buruk bagi jantung tapi juga buruk bagi kesehatan otak.

Oleh karena itu sebaiknya kita sedari dini tidak membiasakan diri untuk terlalu sering mengkonsumsi junk food karena lebih banyak efek negative yang kita dapatkan dengan mengkonsumsi junk food ini, karena kesehatan lebih penting dari apapun juga, semoga artikel mengenai Efek negatif junk food bagi otak ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Simak juga: Bahaya junk food untuk kesehatan





0 komentar:

Poskan Komentar