Depan » » Beras merah ternyata lebih sehat daripada beras putih

Beras merah ternyata lebih sehat daripada beras putih

Beras merah lebih sehat daripada beras putih - Beras merah sampai saat ini bukanlah merupakan makanan favorit untuk setiap kita mungkin karena harganya tergolong cukup mahal sehingga kita lebih memilih beras putih sebagai makanan sehari-hari.

Namun ternyata beras merah mempunyai kelebihan dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita dibandingkan dengan beras putih yang biasa setiap hari kita konsumsi, sebuah penelitian terhadap 200 ribu orang di Amerika membuktikan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi nasi putih memiliki resiko terkena diabetes sebesar 17 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi nasi putih.

Beras merah lebih sehat daripada beras putih
Beras merah
Menurut pakar gizi klinis dari MRCCC Siloam dr. Samuel Oetoro MS, SpGK menjelaskan kandungan dari beras merah yaitu vitamin B1, B6, dan B12 yang cukup tinggi, dia juga menjelaskan bahwa vitamin B berfungsi untuk pembentukan energi bagi tubuh, beras merah yang mengandung vitamin B berperan untuk memfasilitasi pembentukan energi di sel.

Tidak hanya itu beras merah juga mengandung serat yang lebih tinggi dibandingakan dengan beras putih, dengan tingginya kandungan serat dalam beras merah salah satunya untuk membuat penyerapan gula dalam karbohidrat menjadi tidak maksimal dan juga penyerapan lemak yang masuk saat kita mengkonsumsi makanan juga menjadi tidak maksimal dan ini sangat baik bagi tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Dia juga menyarankan untuk selalu mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih meskipun tidak perlu setiap hari, paling tidak dalam beberapa hari kita usahakan untuk mengkonsumsi beras merah, karena kandungan serat yang lebih tinggi inilah maka membuat beras merah menjadi lebih sehat dari beras putih, meskipun terlihat kurang menarik tapi lebih baik dan bermanfaat daripada beras putih yang pulen atau nasi ketan, karena beras putih dapat membuat kadar gula darah kita menjadi meningkat.

Beberapa kandungan gizi dari beras merah lainnya adalah fosfor dan selenium, selenium merupakan trace element yaitu merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase, enzim glutation ini berfungsi untuk memecah peroksida menjadi ikatan yang tidak lagi bersifat toksik
.
Para pakar kesehatan mengatakan bahwa beras merah sangat berpotensi untuk mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti penyakit kanker serta penyakit degeneratif lainnya, asam lemak tidak jenuh di dalam membran sel akan merusak membran tersebut karena teroksidasi oleh peroksida yang telah berubah menjadi radikal bebas.

Lewat beberapa penelitian membuktikan bahwa mengganti beras putih dengan beras merah sangat efektif untuk mengontrol kadar gula darah seseorang, penelitian yang dilakukan oleh Harvard University membuktikan bahwa mengkonsumsi beras merah merupakan pilihan yang sehat untuk para penderita diabetes.

Beberapa manfaat dari beras merah antara lain:
  • Kaya akan serat
  • Membuat perut menjadi cepat kenyang
  • Dapat mengontrol kadar gula darah
  • Mengandung vitamin B1, B6, dan B12
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat
  • Mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas
Itulah artikel mengenai "Beras merah lebih sehat daripada beras putih" semoga bisa bermanfaat bagi kta semua, karena itu kita bisa mencoba untuk mengganti mengkonsumsi nasi putih dengan nasi merah, meskipun tidak tiap hari kita mengkonsumsinya paling tidak dalam seminggu kita mencoba beberapa kali. mengkonsumsi nasi merah ini.




0 komentar:

Poskan Komentar