Depan » » Cara mengatasi susah tidur

Cara mengatasi susah tidur

Cara mengatasi susah tidur - Susah tidur atau insomnia merupakan hal yang sangat menjengkelkan sekali tentunya, karena waktu yang dibutuhkan untuk tidur rata-rata manusia sekitar 8 jam namun karena adanya gangguan sulit tidur maka berkurang juga waktu tidur seseorang dan ini jika berlarut-larut dapat mengakibatkan juga terjadinya gangguan kesehatan lainnya dan daya tahan tubuh pun menjadi berkurang dan mudah sakit.

Setiap orang tentunya mempunyai jam dan jumlah waktu tidur yang berbeda-beda semua dikarenakan aktifitas setiap orang berbeda-beda, namun jika anda mempunyai kesempatan untuk tidur tidak terlalu larut segeralah untuk tidur dan dengan membiasakan tidur teratur serta dengan jumlah jam tidur yang cukup maka keesokan hari kita akan mendapatkan tubuh yang sehat dan segar.

Insomnia
Beberapa kriteria mengenai tidur yang sehat adalah mencakup hal-hal di bawah ini:
  • Anda mudah tertidur pada waktu malam hari tanpa harus dibantu oleh obat tidur atau tidak berjuang untuk mengatasi kegelisahan dan kekhawatiran saat hendak tidur.
  • Saat tengah malam jarang terbangun dan jika terbangun akan dengan mudah untuk kembali tidur meskipun di tengah malam anda pergi ke kamar kecil untuk membuang air. 
  • Anda dapat terbangun secara wajar tanpa menggunakan alarm di pagi hari dengan waktu yang kurang lebih sama setiap harinya, dan setelah beraktifitas tubuh anda menjadi segar dan bersemangat serta tidak mengantuk.
Seringakali setiap kita mengalami gangguan tidur dan mungkin baru bisa kembali tidur menjelang pagi dan ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, selain itu pada pagi harinya kita akan menjadi mudah emosi dan kurang bisa berkonsentrasi dengan baik, hal ini juga bisa mempengaruhi kualitas kerja anda di kantor.

Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi anda sulit tidur diantaranya:
  • Faktor medis, susah tidur bisa dikarenakan seseorang mengalami suatu penyakit seperti penyakit jantung, asma, penyakit parkinson, gangguan di pencernaan dan alzheimer.
  • Faktor psikriatis, ada beberapa macam gangguan psikriatis yang membuat anda susah tidur seperti gangguan stres pasca trauma, kepanikan, kekhawatiran dan gangguan obsesif kompulsif.
  • Faktor lingkungan, faktor ini sangat mempengaruhi seseorang mengalami gangguan pada tidurnya seperti udara yang terlalu panas atau terlalu dingin, adanya suara bising atau berisik saat tidur, cahaya yang menyorot mata, teman tidur yang tidak tenang dan juga kasur atau bantal yang kurang nyaman.
  • Faktor lain, faktor lain ini juga bisa mempengaruhi seseorang mengalami sulit tidur diantaranya penyalahgunaan alkohol dan juga narkoba, efek samping dari obat-obatan yang diminum, serta efek dari merokok.
Saat anda menyadari bahwa anda mengalami sulit tidur atau insomnia anda harus segera mengambil tindakan agar insomnia ini tidak berlarut-larut, sebelum gangguan ini menjadi kebiasaan dan tentunya sangat kurang baik untuk kesehatan anda jangka panjang.

Beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia seperti:
  • Perhatikan kondisi ruangan kamar, saat anda hendak tidur pastikan bahwa tempat anda tidur seperti kasur dan bantal sudah cukup nyaman, matikanlah lampu saat tidur, usahakan lingkungan sekitarpun tenang.
  • Hindari melakukan kegiatan fisik sebelum tidur, berolah raga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita dan membuat tidur kita menjadi lelap tapi hindari berolahraga atau melakukan kegiatan fisik yang berat sebelum kita tidur karena dapat membuat kita sulit tidur.
  • Jangan melakukan kegiatan yang merangsang mental, terlalu banyak berpikir keras atau melakukan kegiatan yang melibatkan pikiran terlalu berat dapat juga membuat anda sulit tidur, jadi sebaiknya menghindari hal itu dan buat pikiran anda serileks mungkin, atau anda bisa mendengarkan lagu-lagu yang lembut atau relaxing music sebelum tidur.
  • Hindari mengkonsumsi minuman tertentu, saat anda hendak tidur sebaiknya anda menghindari minuman seperti coklat panas, teh, kopi serta minuman yang mengandung cola karena minuman-minuman tersebut sifatnya stimulan sehingga membuat anda menjadi sulit tidur.
  • Sebaiknya hindari mengkonsumsi obat tidur, untuk anda yang sering mengkonsumsi obat tidur sebaiknya berhati-hati karena obat tidur selain mempunyai efek samping yang merusak tubuh juga membuat seseorang menjadi ketergantungan terhadap obat tersebut dan untuk jangka panjang akan semakin berkurang keefektifannya, jadi jika memungkinkan sebaiknya anda hindari mengkonsumsi obat tidur setiap hari.
  • Hindari makanan berat sebelum tidur, jika anda hendak tidur sebaiknya tidak lagi mengkonsumsi makanan berat seperti nasi atau mie instant karena jika anda langsung tidur akan membuat kerja usus dan lambung menjadi berat dan tentunya membuat anda menjadi sulit untuk tidur, jika setelah makan sebaiknya anda menunggu 2 sampai 3 jam agar proses pencernaan dapat berjalan baik dan tidak menggangu tidur anda.
  • Berhentilah merokok, rokok yang dihisap merupakan racun yang sangat membahayakan tubuh untuk jangka panjang, karena efeknya yang tidak terlihat langsung sehingga rokok semakin menjadi favorit di kalangan masyarakat namun tahukah anda merokok juga ternyata mempengaruhi kualitas tidur anda karena dengan merokok tekanan darah menjadi meningkat, jantung berdetak menjadi lebih cepat, serta merangsang aktivitas gelombang otak sehingga akan menggangu kualitas tidur anda dan juga biasanya para perokok akan lebih sering terbangun pada malam hari.
Itulah artikel mengenai "cara mengatasi susah tidur" yang bisa anda lakukan, dan jika tips di atas masih belum bisa membuat anda tidur dengan mudah sebaiknya periksakan pada dokter ahli agar bisa diperiksa dan dicari faktor penyebab lainnya yang bisa membuat anda sulit tidur, semoga bermanfaat.




0 komentar:

Poskan Komentar