Depan » , » Makanan alami kaya antioksidan

Makanan alami kaya antioksidan

Makanan alami kaya antioksidan - Anti oksidan merupakan zat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, karena anti oksidan sangat dibutuhkan untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh kita, atau dengan kata lain zat anti oksidan berperan dalam menetralisir proses oksidasi serta kerusakan sel yang jika dibiarkan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serta penuaan dini.

Saat ini banyak diproduksi suplemen yang mengandung zat anti oksidan, banyak dijual di toko obat atau apotik dengan harga yang bervariatif, namun alangkah baiknya jika kita memilih zat anti oksidan yang terdapat dalam buah-buahan serta sayuran, selain lebih alami dan sehat juga khasiatnya lebih baik dibandingkan dengan suplemen yang banyak beredar di masyarakat.

Aktifitas lingkungan yang dapat memicu terjadinya radikal bebas antara lain polusi udara, radiasi, merokok dan masih banyak yang lainnya, bisa dibayangkan jika radikal bebas banyak mengkontaminasi tubuh kita maka sudah dipastikan akan banyak juga sel dalam tubuh yang rusak dan sangat berpotensi menyebabkan penuaan dini serta penyakit kanker.

Makanan alami kaya antioksidanBeberapa penyakit yang dapat timbul dikarenakan adanya radikal bebas:
  • Penyakit kanker
  • Penyakit jantung dan pembuluh darah
  • Penurunan fungsi kognitif
  • Katarak
  • Pikun
  • Penuaan dini
Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi setiap hari untuk meningkatkan zat anti oksidan di dalam tubuh kita seperti:
  • Buah Plum, buah ini sangat penting dikonsumsi karena selain mengandung banyak nutrisi juga mengandung zat anti oksidan seperti fitokimia yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
  • Buah Berry, buah ini ada beberapa macam seperti blueberry, strawberry dan raspberry mengandung zat anti oksidan seperti anthocyanin yang sangat penting untuk tubuh selain itu zat ini mampu untuk mencegah penyakit jantung.
  • Tomat, sayuran ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita selain rasanya yang enak untuk dimakan langsung juga bisa digunakan untuk keperluan memasak dan hebatnya tomat ini merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan seperti lycopene.
  • Bawang putih, kita sering menjumpai bawang putih di dapur untuk keperluan memasak dan bawang putih ini mengandung zat antibiotik yang alami yang bermanfaat untuk membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh, selain itu bawang putih mengandung vitamin A, B, C, kalium, selenium, kalsium, yodium, zat besi, magnesium dan juga seng.
  • Bayam, sayuran ini mengandung zat anti oksidan yang bernama lutein yang bermanfaat untuk membantu melindungi kesehatan mata anda, selain itu manfaat bayam lainnya adalah anti inflamasi, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Teh hijau, teh ini sangat baik untuk mereka yang sedang diet karena kandungan polifenol yang tinggi sangat baik untuk membakar timbunan lemak di dalam tubuh.
  • Paprika, sejenis cabe namun bentuknya kembung dan tidak terlalu pedas, selain kaya akan zat antioksidan ternyata paprika mengandung vitamin C yang tinggi bahkan lebih banyak kandungan vitamin C nya daripada jeruk.
  • Melon, mengandung zat anti oksidan serta buah ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan selain itu buah melon ini bermanfaat untuk diet, mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan mata, mencegah serangan jantung dan stroke serta menjaga tubuh dari penuaan dini.
Itulah beberapa makanan yang kaya akan zat anti oksidan, jadi anda bisa mengkonsumsinya setiap hari baik itu lewat masakan ataupun bisa dimakan langsung seperti melon, buah berry, tomat, plum, karena tubuh sangat memerlukan zat antioksidan setiap harinya agar kita terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit lainnya, semoga artikel mengenai "makanan alami kaya antioksidan" ini bisa bermanfaat bagi kita semua.





0 komentar:

Poskan Komentar