Depan » , » Manfaat yoghurt untuk kesehatan

Manfaat yoghurt untuk kesehatan

Manfaat yoghurt untuk kesehatan - Yoghurt dihasilkan dari susu yang telah melalui proses fermentasi bakteri biasanya yang digunakan adalah susu sapi tapi bisa juga dihasilkan dari susu lainnya misalnya susu kedelai, dan produk yoghurt yang banyak beredar tersedia dalam berbagai macam rasa baik rasa yang alami, maupun rasa lainnya seperti rasa vanilla, rasa coklat atau rasa buah-buahan dan semuanya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Yoghurt mempunyai tekstur yang lembut dan agak kental memiliki rasa yang agak asam namun lezat dan serta sangat baik karena mengandung protein, mineral dan beberapa vitamin B yang sangat penting untuk tubuh, dan untuk mereka yang mempunyai alergi terhadap susu maka yoghurt bisa menjadi solusi karena struktur laktosa dalam yoghurt telah dirusak oleh bakteri sehingga aman untuk mereka yang tidak cocok mengkonsumsi susu.

Yoghurt
Beberapa manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh seperti dilansir Times of India:
  • Menjaga kesehatan usus, yoghurt mengandung kultur aktif dan hidup yang sangat baik untuk membantu mengatasi gangguan kondisi pencernaan seperti diare, konstipasi intoleransi laktosa, penyakit usus dan kanker usus besar.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan probiotik dalam yoghurt dapat merangsang sel darah putih untuk membantu melawan infeksi yang kemungkinan terjadi di dalam aliran darah karena itu jika kita rajin mengkonsumsi yoghurt akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Mengandung bakteri baik, kandungan probiotik yaitu kultur aktif dan hidup dalam yoghurt sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan serta membantu fungsi kerja sistem pencernaan dalam tubuh kita, probiotik juga berfungsi untuk melawan mikroorganisme berbahaya yang seringkali menyebabkan kerusakan pada usus dan organ sistem pencernaan lainnya. 
  • Menurunkan berat badan, Pada tahun 2005 pernah dilakukan studi yang diprakarsai oleh International Journal of Obesity bahwa kandungan kalsium dalam yoghurt dapat membantu tubuh untuk memproses lemak yang tersimpan di dalam tubuh, dan ini sangat baik untuk yang mempunyai tubuh gemuk karena lemak yang tersimpan akan menyusut sehingga tubuh akan menjadi lebih ramping dan ideal.
  • Kaya nutrisi. yoghurt sangat baik dikonsumsi setiap hari karena mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalium, riboflavin, fosfor, yodium, seng, vitamin B5 serta B12 yang berfungsi untuk menjaga fungsi kerja sistem saraf dan sel-sel darah merah.
  • Menurunkan resiko infeksi jamur, beberapa penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi yoghurt setiap hari sangat baik untuk mengurangi resiko infeksi akibat jamur.
  • Mudah untuk dicerna, yoghurt sangat disarankan oleh para ahli kesehatan untuk dikonsumsi rutin setiap hari karena yoghurt lebih mudah dicerna daripada susu, kultur aktif dan hidup yang terdapat dalam yoghurt akan memproduksi laktase yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan penyerapan laktosa pada mereka yang mempunyai intoleran terhadap laktosa, sehingga yoghurt sangat cocok dan aman untuk mereka yang tidak cocok mengkonsumsi susu.
  • Menjaga kesehatan tulang, yohurt mengandung kalsium yang cukup tinggi serta vitamin D yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang anda selain itu kandungan kalsium dalam yoghurt membuat tulang anda lebih kuat dan padat sehingga yoghurt sangat baik untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.
  • Menjaga kesehatan kulit, kandungan asam laktat dalam yoghurt sangat baik untuk membantu melepaskan sel-sel kulit mati sehingga sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan kulit anda, dan kulit anda akan terlihat bersih dan mulus, selain dikonsumsi yoghurt bisa juga digunakan sebagai masker untuk wajah anda supaya kulit wajah anda terlihat lebih sehat.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi, yoghurt juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung banyak kalium, karena itu jika anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk rutin mengkonsumsi yoghurt setiap hari.
Itulah artikel mengenai "manfaat yoghurt untuk kesehatan" yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita, oleh karena itu tidak ada salahnya kita mencoba dan rutin mengkonsumsi yoghurt setiap hari agar kita bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan terutama gangguan di saluran pencernaan anda, semoga bermanfaat.



0 komentar:

Poskan Komentar