Depan » » Cara aman makan daging sapi

Cara aman makan daging sapi

Cara aman makan daging sapi - Daging merah merupakan makanan favorit bagi setiap orang karena rasanya yang lezat selain itu merupakan sumber protein hewani yang baik juga untuk tubuh, namun mengkonsumsi daging merah berlebihan justru akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan.

Banyak menu makanan yang tentunya mengandung bahan dasar daging merah yaitu daging sapi atau daging kambing seperti soto, rawon, gulai, semur, steak dan masih banyak menu masakan yang menggunakan bahan dasar daging merah yang pastinya sangat menggugah selera kita, namun jika kita terlalu sering dan berlebihan dalam mengkonsumsinya maka tentunya akan menimbulkan efek negatif untuk kesehatan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, stroke dan jantung.

Daging merah berasal dari hewan berdarah panas dan suhu tubuh hewan ini lebih tinggi daripada manusia dan kandungan lemak jenuh dalam daging hewan ini akan berbahaya untuk kesehatan karena saat lemak jenuh masuk ketubuh manusia yang memiliki suhu tubuh lebih rendah maka lemak tersebut akan mengental dan ini akan menimbulkan masalah untuk jangka waktu yang lama.

Cara aman makan daging sapiBeberapa tips agar daging yang kita konsumsi lebih aman untuk dikonsumsi:
  • Saat anda hendak membeli daging pandai-pandailah memilih daging yang masih baik yaitu daging yang masih segar dan baru serta pilihlah daging yang memiliki sedikit kandungan lemaknya.
  • Pilihlah daging yang tidak mengandung lemak, anda bisa minta kepada penjualnya untuk memilihkan daging yang tanpa lemak atau jika anda tidak mau repot anda bisa membelinya di supermarket yang besar biasanya sudah tersedia dengan label tanpa lemak.
  • Jika daging yang anda beli ternyata mengandung lemak, anda bisa membuang bagian daging yang berlemak tersebut dengan pisau yang tajam sebelum anda mengolah dan memasak daging tersebut.
  • Sebaiknya daging direbus atau dipanggang hindari menggoreng daging dengan minyak goreng karena akan meningkatkan kadar lemak serta kolesterol, jika anda ingin menggoreng daging lebih baik menggunakan minyak zaitun memang agak mahal tapi sangat baik untuk mengatasi kolesterol.  
  • Daging yang dipanggang biasanya akan mengeluarkan minyak maka anda bisa mengurangi kelebihan minyak tersebut denggan menggunakan tisu minyak supaya kadar minyak dari daging yang dipanggang bisa banyak berkurang.
  • Sebaiknya anda tidak terlalu sering dan berlebihan dalam mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, daging kambing atau daging merah lainnya, dengan anda membatasi mengkonsumsi daging merah berlebih maka bagus juga untuk kesehatan.
Beberapa efek negatif yang ditimbulkan oleh karena mengkonsumsi daging merah berlebihan:
  • Susah BAB, untuk anda yang sering mengkonsumsi daging merah maka akan membuat terganggunya proses pencernaan dalam usus sehingga akan menimbulkan terganggunya proses BAB, jika sisa makanan terlalu lama berada dalam usus makas sisa makanan tersebut akan membusuk dan menimbulkan racun sehingga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.
  • Beresiko terkena penyakit jantung dan stroke, jika anda sering mengkonsumsi daging merah maka anda harus berhati-hati karena lemak jenuh dari daging merah akan masuk dalam darah dan kemungkinan akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke, ini disebabkan oleh karena darah menjadi mengental akibat dari masuknya lemak jenuh ke dalam darah.
  • Kegagalan fungsi organ, akibat dari darah yang mengental karena lemak jenuh dalam darah membuat suplay oksigen dan juga nutrisi ke seluruh tubuh akan terganggu dan jika berlanjut terus menerus maka dapat mengakibatkan terjadinya kegagalan fungsi organ tubuh.
  • Mengalami keropos tulang, kandungan lemak jenuh dalam daging merah selain membuat darah menjadi kental juga membuat darah menjadi asam, maka tulang bekerja keras untuk menetralisir keadaan tersebut dengan melarutkan kalsium dalam darah dan untuk jangka panjang maka dapat mengakibatkan tulang mengalami keropos atau osteoporosis.
  • Meningkatkan resiko terjadinya kanker prostat, untuk para pria sebaiknya lebih berhati-hati untuk tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi daging merah karena dapat menimbulkan penyakit kanker prostat, daging merah yang dimasak atau digoreng dengan suhu tinggi akan menghasilkan senyawa olycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs) dan heterocyclic amines (HCAs) yang sudah terbukti lewat penelitian dapat menyebabkan penyakit kanker diantaranya penyakit kanker prostat.
  • Mengandung mikroorganisme, daging merah sangat mudah terkontaminasi dibandingkan dengan biji-bijian, sayuran atupun buah-buahan, jika daging tidak dimasak dengan cara yang benar ataupun kurang matang akan beresiko terkena penyakit yang disebabkan oleh karena mikroorganisme dalam daging yang masuk ke dalam tubuh kita seperti E. coli dan salmonella.
Itulah artikel mengenai "Cara aman makan daging sapi" yang mudah-mudahan bisa bermanfaat karena meskipun daging merah mengandung protein dan baik untuk tubuh namun jika kita terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya bukan sehat yang didapat malah akan menimbulkan berbagai penyakit, oleh karena itu sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsinya agar tubuh kita tetap sehat.
Semoga bermanfaat.



0 komentar:

Poskan Komentar