Depan » » Tips menghilangkan bau mulut

Tips menghilangkan bau mulut

Tips menghilangkan bau mulut - Bau mulut seringkali membuat kita kurang percaya diri saat berbicara berhadapan dengan orang lain, dan orang yang kita ajak berbicarapun tentunya akan menjadi terganggu dengan keluarnya bau mulut dari mulut kita, jika dibiarkan dan tidak segera diatasi maka orang-orang akan berusaha menjauhi kita karena adanya bau mulut yang keluar dari mulut kita.

Tentunya kita tidak ingin semua itu terjadi pada kita bukan? Masalah bau mulut ini dapat diatasi tentunya jika anda mau berusaha, oleh karena itu sangat penting kita perlu mengetahui penyebab dari bau mulut dan cara mengatasinya sehingga bau mulut dapat segera diatasi.

Tips menghilangkan bau mulut
Bau mulut
Ada beberapa penyebab bau mulut yang perlu anda ketahui yaitu:
  • Masalah pada gigi, penyebab utama bau mulut biasanya dikarenakan adanya masalah pada gigi seperti gigi berlubang, gigi yang tidak terawat dengan baik atau sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi, semua itu disebabkan oleh adanya bakteri dalam rongga mulut sehingga jika kita kurang merawat gigi kita dengan baik maka mulut kita akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  • Sariawan, gangguan di seputar mulut, lidah dan tenggorokan ini dapat juga menimbulkan bau mulut dan ini dikarenakan bagian yang sariawan dipenuhi dengan bakteri dan juga dapat menyebabkan timbulnya nanah yang membuat timbulnya bau mulut.
  • Melewatkan sarapan pagi, selain sarapan pagi bagus untuk pencernaan juga dengan sarapan pagi dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga dengan banyaknya air liur dapat membunuh berkembang biaknya bakteri di dalam mulut.
  • Adanya penyakit tertentu, penyebab bau mulut bisa juga dikarenakan oleh adanya penyakit lain seperti radang tenggorokan dan gangguan pencernaan, biasanya gangguan pencernaan dapat meningkatkan asam lambung dan juga gas yang menekan ke atas sehingga mulut kita menjadi kurang sedap.
  • Merokok, salah satu kebiasaan yang sulit untuk dilepaskan adalah kebiasaan merokok namun meskipun banyak orang yang sudah tahu bahaya merokok karena mengandung banyak zat yang sangat berbahaya bagi tubuh namun seringkali diabaikan oleh sebagian orang dan efek lain dari merokok adalah juga dapat menimbulkan bau tak sedap pada mulut, jadi jika memungkinkan sebaiknya kita menghindari rokok atau menguranginya sedari dini.
Untuk anda yang sering mengalami bau mulut tidak perlu khawatir karena ada kemungkinan masalah bau mulut ini masih bisa diatasi asal kita mau berusaha untuk mengatasinya.

Inilah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut anda:
  • Rajin menggosok gigi, jika kita tahu bahwa gigi merupakan sumber utama yang dapat menyebabkan bau mulut maka rajin-rajinlah menggosok gigi setiap hari, sehingga sisa-sisa makanan dan bakteri di sekitar gigi dapat dibersihkan, pilihlah pasta gigi yang cocok dengan anda, karena ada juga pasta gigi yang terlalu keras sehingga mengakibatkan iritasi di sekitar mulut.
  • Berkumur dengan obat kumur, saat ini banyak beredar cairan yang digunakan untuk berkumur, kadangkala jika hanya dengan menggosok gigi bakteri masih banyak di dalam mulut kita, dengan dibantu oleh mouthwash paling tidak dapat meminimalisir berkembangnya bakteri dalam mulut kita, namun perlu hati-hati biasanya mouthwash sangat keras jadi jangan sampai terminum.
  • Selalu memeriksakan gigi anda ke dokter gigi, untuk anda yang mengalami masalah pada gigi seperti gigi berlubang, gigi menghitam atau masalah gigi lainnya sebaiknya periksakan pada dokter gigi sehingga bisa ditangani dengan baik atau jika perlu gigi anda bisa dicabut sehingga sumber penyebab bau mulut dari gigi anda bisa segera diatasi.
  • Berkumur daun sirih, daun sirih merupakan mouthwash yang alami sehingga bisa juga digunakan untuk berkumur karena daun sirih mengandung antiseptik yang baik untuk menghilangkan bau mulut, caranya rebus beberapa lembar daun sirih lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.
  • Banyak mengkonsumsi buah-buahan, penyebab bau mulut biasanya karena mulut menjadi kering karena kurangnya air liur dalam mulut anda sehingga menyebabkan bakteri penyebab bau mulut berkembang biak dalam mulut anda, karena itu dengan mengkonsumsi buah-buahan sangat baik untuk mengatasi masalah ini selain itu buah-buahan sangat baik untuk pencernaan, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, jambu, pear, lemon dan buah-buahan lainnya.  
  • Mengunyah permen karet, jika anda sering beraktifitas di luar anda bisa membiasakan diri untuk membawa permen karet, karena permen karet bisa juga untuk membantu mengatasi bau mulut anda selain itu dengan mengunyah permen karet dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi.
  • Banyak minum air putih, mulut yang kering menjadi penyebab bakteri penyebab bau mulut berkembang biak, karena itu sering-seringlah mengkonsumsi air putih sehingga air liur akan juga meningkat yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut.
  • Yoghurt, dengan mengkonsumsi yoghurt maka gangguan pada pencernaan dan juga gigi seperti plak dapat diatasi selain itu yoghurt dapat melawan bakteri penyebab bau mulut sehingga bau mulut dapat teratasi.
  • Teh, dengan mengkonsumsi teh maka antioksidan dalam teh selain baik untuk kesehatan tubuh juga dapat mengatasi masalah bau mulut, namun hindari menggunakan gula yang terlalu berlebihan karena selain merusak gigi juga tidak baik untuk kesehatan.
Itulah artikel mengenai "Tips menghilangkan bau mulut" sehingga kita bisa mengetahui penyebab dari bau mulut dan cara mengatasinya, sehingga bisa bermanfaat untuk anda yang sering mengalami masalah bau mulut, semoga bermanfaat :)





0 komentar:

Poskan Komentar