Depan » , » Tips menurunkan demam tinggi

Tips menurunkan demam tinggi

Tips menurunkan demam tinggi - Setiap kita pasti pernah mengalami yang namanya demam, ada demam yang ringan sampai demam yang sangat tinggi dan saat demam tubuh menjadi lemah, sebaiknya anda banyak beristirahat dan tentunya disertai dengan melakukan pengobatan agar suhu tubuh dapat cepat menurun.

Demam bukanlah merupakan suatu penyakit namun karena adanya efek dari gangguan pada tubuh seperti infeksi yang mengakibatkan tubuh menjadi demam, tapi kita juga harus berhati-hati karena demam bisa saja dikarenakan tanda dari suatu penyakit tertentu seperti tipes, demam berdarah dan penyakit lainnya, jadi demam merupakan tanda atau signal jika kita mengalami gangguan di dalam tubuh kita.

Penyebab dari demam biasanya sudah bisa kita ketahui penyebabnya dalam waktu 1 sampai 2 hari,  jadi jika anda mendeteksi penyebab demam bukan karena demam biasa maka anda harus segera memeriksakan ke dokter supaya bisa diketahui penyebabnya secara pasti, karena kemungkinan anda terkena suatu penyakit tertentu, namun anda perlu berhati-hati jika suhu tubuh meningkat di atas 38 derajat apalagi pada anak-anak karena bisa menyebabkan terjadinya kejang-kejang.

Tips menurunkan demam tinggiAda beberapa penyebab umum terjadinya demam pada tubuh seseorang:
  • Mengalami infeksi seperti infeksi saluran kemih, infeksi sinus, infeksi streptokokus, infeksi mononucleosis dan abses pada gigi.
  • Untuk yang sering bepergian ke luar negeri kemungkinan mengalami tertular suatu penyakit tertentu saat berada di luar negeri.
  • Terbakar sinar matahari terik terlalu lama yang menimbulkan tubuh mengalami kelelahan.
  • Terlalu lama bermain di air saat udara dingin atau kehujanan membuat tubuh menggigil dan demam.
Jika demam anda tergolong ringan dan bukan disebabkan oleh penyakit tertentu maka anda bisa meredakan demam anda secara alami dan anda bisa melakukannya dengan cara-cara yang sederhana seperti dilansir dari Boldsky.com.
  • Banyaklah minum air putih, dengan banyak minum selain baik untuk mengatasi dehidrasi juga sangat baik untuk mengatasi demam, dengan banyak minum dan buang air kecil dapat membantu mengatasi demam anda.
  • Mengkompres dengan kain basah hangat, dengan cara mengkompres merupakan cara alami yang paling populer untuk mengatasi demam tinggi, anda bisa menggunakan kain atau spon yang telah dibasahi dengan air hangat yang diletakkan di atas dahi atau bisa juga di dada dan di perut, lakukan hal ini sampai demam turun, jangan menggunakan air dingin atau air es saat mengkompres karena dapat membuat tubuh menggigil.   
  • Mandi dengan air hangat, biasanya orang-orang menyarankan penderita demam untuk tidak mandi saat demam, namun ternyata mandi dengan air yang hangat sangat baik untuk menurunkan demam anda karena setelah anda mandi maka tubuh menjadi segar dan demam pun akan semakin berkurang.
  • Usahakan suhu ruangan tetap sejuk, kondisi suhu ruangan yang terlalu panas justru kurang baik karena membuat suhu tubuh semakin panas, jika memungkinkan aturlah suhu ruangan agar tetap dingin dan sejuk, dengan kondisi ruangan yang nyaman maka dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi.
  • Olesi kaki dengan bawang putih, bawang putih selain dapat digunakan untuk bumbu masak merupakan obat alami yang sangat baik untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi, caranya hancurkan bawang putih lalu campurkan dengan minyak kelapa, lalu oleskan di telapak kaki anda sampai merata dan biarkan selama semalaman dan keesokan hari demam pun akan menurun.
  • Banyak beristirahat untuk memulihkan kondisi tubuh selain itu dengan banyak istirahat daya tahan tubuh akan meningkat sehingga sangat baik supaya demam cepat turun.
  • Jika perlu anda bisa meminum obat penurun panas agar demam bisa lebih cepat turun.
Itulah "tips menurunkan demam tinggi" yang bisa anda gunakan saat anda atau anggota keluarga anda mengalami demam tinggi, jika setelah beberapa hari demam tidak mau turun segera periksakan ke dokter karena kemungkinan disebabkan oleh penyakit lain, jika demam terlalu tinggi sebaiknya anda waspada karena bisa jadi akan sangat berbahaya, semoga bermanfaat.




0 komentar:

Poskan Komentar