Depan » , » Apakah antioksidan itu?

Apakah antioksidan itu?

Apakah antioksidan itu? Tentunya kita seringkali mendengar yang namanya antioksidan baik itu untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan kulit terutama wajah, dan para ahli kesehatan di seluruh dunia selalu menganjurkan untuk kita selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung kaya antioksidan di dalamnya.

Seperti yang dilansir dari Huffington Post dijelaskan bahwa antioksidan merupakan vitamin, mineral ataupun sejenis nutrisi yang sangat penting untuk tubuh karena mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi atau dengan kata lain antioksidan berfungsi untuk menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak disebabkan oleh adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh seperti contohnya asap rokok, senyawa kimia, polusi, stres serta pola makan kita yang tidak sehat.

Untuk lebih jelasnya kita umpamakan seperti buah apel yang sudah kita gigit lama-kelamaan karena pengaruh waktu dan udara di sekitarnya maka buah apel akan berubah menjadi berwarna kecoklatan begitu juga dengan tubuh kita saat terkena radikal bebas akan membuat sel-sel tubuh menjadi rusak oleh karena itu diperlukan antioksidan untuk menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak tersebut agar tidak menimbulkan terjadinya gangguan kesehatan ataupun penyakit.

Apakah antioksidan itu?Fungsi dari antioksidan

Menurut penelitian yang dilakukan antioksidan sangat baik dan diperlukan untuk kesehatan tubuh seperti untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker serta jantung, selain itu antioksidan yang berupa vitamin C dan E sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, dan masih banyak manfaat lain dari antioksidan ini baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan, tapi sebaiknya mengkonsumsi antioksidan secukupnya saja karena jika berlebihan juga akan kurang baik untuk kesehatan karena menurut penelitian yang dilakukan terlalu berlebihan mengkonsumsi antioksidan akan membuat terhambatnya kesempatan bagi seorang wanita mendapatkan kehamilan.

Beberapa makanan yang mengandung antioksidan diantaranya:

  • Makanan yang kaya vitamin c, seperti buah kiwi, paprika, buah berry, tomat, brokoli, labu, grapefruit, jeruk, pepaya, melon, kale dan kembang kol dll.
  • Makanan yang kaya vitamin e, seperti buah kiwi, brokoli, paprika merah, wortel, biji bunga matahari, kacang, lobak hijau, bayam dll.
  • Makanan yang mengandung beta-carotene dan carotenoid lain, seperti tomat, brokoli, bit, bayam, ketela pohon, apricot, asparagus, labu, kale, mangga, wortel, jagung, persik, anggur merah dll.
  • Makanan yang mengandung selenium, seperti ikan tuna, daging iga, daging ayam, kacang brazil serta berbagai macam produk dari gandum dll.
  • Makanan yang mengandung seng dan zinc, seperti kacang-kacangan, buncis, makanan laut, gandum, produk susu, sereal, daging unggas, daging merah serta tiram dll.
  • Teh hijau, kandungan polifenol dan katekin dalam teh hijau sangat efektif untuk menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Antioksidan memang baik untuk kesehatan tubuh dan memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan kita namun sebaiknya konsumsilah sewajarnya saja karena jika terlalu berlebihan akan menjadi tidak baik,  hindari menjadikan antioksidan sebagai sumber agar kita menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, banyak hal-hal lainnya yang perlu juga diperhatikan seperti pola makan yang sehat, pilihlah makanan-makanan yang sehat dan bergizi yaitu yang mengandung banyak vitamin, serat , rendah lemak, rendah kalori, selain itu banyak berolahraga, hindari stres dan banyaklah minum air putih setiap hari maka tubuh kita akan menjadi lebih sehat.

Itulah artikel mengenai antioksidan yang sangat penting untuk tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit serta gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh adanya radikal bebas dalam tubuh.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Cara mengusir nyamuk secara alami

Sumber: www.merdeka.com/sehat




0 komentar:

Poskan Komentar