Depan » , » Efek buruk soft drink untuk kesehatan

Efek buruk soft drink untuk kesehatan

Soft drink atau minuman bersoda tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita karena produk minuman bersoda merupakan produk yang paling digemari terutama untuk para remaja dan dewasa di kota-kota besar, sebagian besar tentunya sudah biasa mengkonsumsi minuman bersoda seperti ini.

Rasa manis karena banyaknya kandungan gula dan juga banyaknya kandungan soda membuat minuman ini begitu digemari bahkan banyak yang sampai ketagihan dengan minuman ini karena memang minuman soft drink memberi efek ketagihan bagi tubuh, tapi apakah minuman soft drink ini baik untuk kesehatan?

Menurut beberapa penelitian serta yang dilansir oleh Boldsky ternyata minuman bersoda atau soft drink ini bukanlah minuman yang sehat dan tidak layak untuk dikonsumsi setiap hari bahkan sebaliknya banyak efek buruk dari minuman soft drink ini, apa saja efek buruknya simak ulasannya di bawah ini.

Efek buruk soft drink untuk kesehatanEfek buruk dari minuman bersoda atau soft drink bagi kesehatan:
  • Mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat memicu kegemukan bagi tubuh karena itu jika anda tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk sebaiknya kurangi atau jika mungkin menghentikan mengkonsumsi minuman bersoda sama sekali.
  • Merusak enamel gigi, kandungan gula dan asam dalam minuman bersoda sangat buruk untuk kesehatan gigi jadi sebaiknya hindari terlalu sering mengkonsumsi minuman ini.
  • Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda sangat tidak sehat bagi tubuh karena dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes, jadi sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi terlalu sering dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan terjadinya penyakit diabetes.
  • Jika anda sering minum minuman bersoda menyebabkan kalsium di dalam tubuh misalnya tulang menjadi terserap sehingga dapat meningkatkan resiko batu ginjal dan asam fosfat yang tinggi akan berpengaruh terhadap batu ginjal selain itu mengkonsumsi minuman bersoda dapat mengakibatkan ketidakseimbangan mineral dan asam di dalam tubuh.
  • Kandungan asam fosfat dalam minuman bersoda jika bercampur dengan asam klorida di dalam pencernaan akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada sistem pencernaan sehingga pencernaan menjadi kurang sehat.
  • Minuman bersoda ternyata dapat menyebabkan dehidrasi karena kandungan gula yang tinggi serta kafein dalam minuman bersoda dapat memicu terjadinya kekurangan cairan tubuh.
  • Efek buruk lain dari seringnya mengkonsumsi minuman bersoda adalah memicu terjadinya osteoporosis atau keropos tulang beberapa penelitian telah membuktikan efek buruk dari minuman bersoda ini.
  • Kandungan kafein yang tinggi di dalam minuman bersoda mengakibatkan terjadinya rasa gelisah, tegang, meningkatnya tekanan darah.


Itulah efek buruk dari sering mengkonsumsi minuman bersoda atau soft drink untuk kesehatan, tingginya kadar gula dalam soft drink membuat minuman ini memberikan efek ketagihan jadi jika anda lebih menyayangi tubuh anda sebaiknya membatasi mengkonsumsi minuman bersoda mulai sekarang agar tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Perut kembung cobalah makanan ini

Sumber: merdeka.com/sehat




0 komentar:

Poskan Komentar