Depan » , » Gejala penyakit rematik dan pencegahannya

Gejala penyakit rematik dan pencegahannya

Penyakit rematik atau istilah kedokterannya adalah Rheumatoid arthritis (RA) adalah merupakan penyakit autoimun sehingga menimbulkan peradangan pada bagian sendi dan otot, akibatnya persendian tulang akan menjadi sensitif dan nyeri untuk digerakkan mengakibatkan si penderita akan kesulitan untuk beraktifitas.

Penyakit rematik seringkali terjadi pada orang yang berusia lanjut namun bisa juga terjadi pada orang yang masih muda karena itu selalu menjaga pola hidup sehat sedari dini merupakan hal yang sangat penting agar kita bisa terhindar dari gejala penyakit rematik ini.

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi seseorang terserang penyakit rematik diantaranya masalah metabolisme, cedera sendi, infeksi, faktor keturunan serta masih banyak faktor lainnya yang dapat memicu terjadinya gejala rematik yang ditandai dengan adanya gangguan seperti pembengkakan, rasa nyeri di bagian sendi, kemerahan dan kekakuan, untuk rematik yang parah dapat terjadi gangguan lain seperti berat badan menurun, rasa lelah, demam, pembengkakan kelenjar dan juga terjadi gangguan pada ginjal, paru-paru dan juga jantung.

Gejala penyakit rematik dan pencegahannyaGejala rematik yang perlu kita ketahui seperti dilansir oleh Healthmeup.com yaitu:
  • Biasanya pada bagian sendi akan terasa nyeri berdenyut kadangkala rasa sakit akan datang secara tiba-tiba saat kita diam atau beristirahat namun bisa juga timbul pada saat pagi hari atau setelah anda terlalu lama duduk.
  • Bagian sendi mengalami pembengkakan disebabkan oleh adanya retensi cairan mengakibatkan otot menjadi bengkak serta kulit terasa kencang, keadaan ini merupakan gejala yang biasa terjadi pada orang yang mengalami gejala penyakit rematik.
  • Biasanya sekitar persendian akan terlihat memerah karena adanya peradangan dan pembengkakan serta menjadi sensitif, pada bagian persendian tersebut akan terasa nyeri dan hangat saat disentuh. 
  • Terjadinya kekakuan pada otot di sekitar persendian dan otot menjadi tegang serta terasa nyeri, biasanya karena keadaan ini si penderita akan mengalami kesulitan untuk menggerakkan tubuh atau bergerak.

Penyakit rematik apakah disebabkan oleh karena sering mandi malam?
Penyakit rematik terjadi karena terganggunya sistem imun dalam tubuh mengakibatkan bagian persendian dalam tubuh menjadi terganggu dan terjadinya peradangan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada persendian tubuh, gangguan peradangan sendi ini biasanya akan kambuh jika udara dingin, oleh karenanya jika orang yang mengalami peradangan sendi akan menimbulkan rasa nyeri disekitar sendi jika mandi malam atau saat udara dingin, karena udara dingin menjadi pemicu kambuhnya rematik dan bisa membuat kondisi menjadi lebih parah jika diteruskan, tapi jika tubuh kita sehat atau tidak mempunyai gangguan peradangan sendi maka mandi malam tidak akan berpengaruh apa-apa.

Beberapa tips untuk mencegah terjadinya gejala rematik yaitu:

  • Rajinlah berolahraga setiap hari agar tubuh menjadi sehat selain itu cobalah untuk melakukan terapi telapak kaki dengan cara berjalan di atas kerikil tanpa alas kaki agar sirkulasi peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.
  • Sering-seringlah mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran seperti asparagus, apel, alpukat, jus semangka ataupun strawberry.
  • Sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi.
  • Biasakan untuk selalu menjalankan pola hidup sehat setiap hari.

Anda bisa mencoba tips pengobatan rematik secara alami yaitu:

  • Cuci bersih sekitar 15 lembar daun sirsak dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa 1 gelas kira-kira selama 1 jam, lalu campurkan dengan gula aren atau jika suka anda bisa mencampurnya dengan madu, saring air rebusan tersebut dan siap diminum, cobalah minum ramuan ini 3 kali sehari sampai keadaan rematik anda sembuh.

Itulah gejala penyakit rematik dan pencegahannya agar bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami penyakit ini, walaupun penyakit rematik sering terjadi pada orang yang usia lanjut tapi bisa saja terjadi pada orang yang masih muda karena itu penting sekali untuk selalu menjaga pola hidup sehat setiap hari, banyak mengkonsumsi makanan sehat serta bergizi dan rutin berolahraga setiap hari agar kita bisa terhindar dari penyakit rematik.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: 4 Makanan untuk mengatasi anemia

Sumber: merdeka.com/sehat




0 komentar:

Poskan Komentar