Depan » , » Tips mengatasi hidung tersumbat

Tips mengatasi hidung tersumbat

Hidung tersumbat tentunya sangat menjengkelkan karena membuat kita menjadi kesulitan untuk bernafas dan tentunya sangat mengganggu dan juga tidak nyaman selain itu membuat tubuh menjadi kurang fit.

Setiap kita pasti pernah mengalami keadaan hidung tersumbat kadang sebelah kadang dua-duanya dan gangguan ini bisa saja menyerang siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa dan secara umum biasanya disebabkan karena adanya penyakit ringan seperti flu atau infeksi sinus.

Namun bisa saja hidung tersumbat terjadi dan berlangsung lama, untuk gangguan seperti ini sebaiknya anda berhati-hati karena bisa saja merupakan gejala dari adanya penyakit tertentu yang perlu diwaspadai seperti sinusitis kronis, tumor, iritasi hidung dan lain-lain.

Tips mengatasi hidung tersumbatBeberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu:
  • Hindari membuang ingus terlalu kuat, saat mengalami hidung tersumbat karena flu dan disertai dengan ingus sebaiknya keluarkan secara perlahan kiri dan kanan secara bergantian agar lapisan dalam hidung tidak semakin meradang.
  • Mengkompres dengan air hangat, siapkan handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air hangat lalu taruh di permukaan hidung sambil berbaring lakukan beberapa kali sampai hidung terasa nyaman.
  • Menghirup uap air panas atau steaming, siapkan baskom yang berisi air panas lalu posisikan lubang hidung anda di atas baskom tersebut sambil mengurungi kepala dengan handuk agar uap air panas tersebut dapat mudah terhirup karena uap air panas dapat membantu meringankan peradangan pada hidung serta mengalirkan lendir yang menyumbat, anda juga bisa memberikan minyak kayu putih beberapa tetes pada air panas tersebut dan menghirupnya selama kurang lebih 10 menit.
  • Menghirup inhaler atau balsem, kandungan menthol, kamper serta eucalyptus pada inhaler, balsem ataupun minyak angin sangat membantu untuk mengurangi terjadinya hidung tersumbat.
  • Makan makanan pedas atau sup ayam hangat, untuk anda yang mengalami hidung tersumbat karena adanya ingus kental dalam hidung dan susah untuk dikeluarkan maka cobalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang agak pedas seperti sup ayam hangat atau wedang jahe, rasa hangat dan pedas ini dapat membuat ingus menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan.
  • Tidur dengan kepala agak dinaikkan, jika saat tidur hidung anda menjadi tersumbat cobalah untuk menaikkan kepala anda lebih tinggi dengan menambah bantal atau posisi setengah duduk maka hidung tersumbat karena lendir yang terjebak dalam hidung akan keluar sehingga tidur anda lebih nyaman.
  • Berkumur menggunakan larutan garam, siapkan air hangat dan campurkan garam secukupnya lalu aduk sampai larut kemudian berkumur beberapa kali maka lendir akan mudah mengalir serta melancarkan hidung yang tersumbat.
  • Minum teh herbal, saat hidung anda tersumbat anda bisa juga mengkonsumsi teh herbal karena uap dari teh panas yang mengandung herbal akan membantu mengatasi iritasi di hidung dan mengencerkan lendir yang menyumbat.
  • Minum jus jeruk hangat, anda bisa mencegah terjadinya hidung tersumbat dengan minum jus jeruk hangat selain itu juga meningkatkan daya tahan tubuh anda dan anda bisa juga menambahkan madu agar mendapatkan manfaat ganda. 
  • Banyak minum air hangat, agar asupan air dalam tubuh anda tercukupi sepanjang waktu dan selain itu dengan sering minum air hangat maka hidung yang tersumbat menjadi lancar, anda juga bisa mandi menggunakan air hangat agar uap dari air hangat tersebut bisa membuat hidung anda lancar. 


Tips untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi karena banyaknya lendir dalam hidung:

  • Gunakan penyedot lendir, atau disebut juga nasal aspirator sangat efektif untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat didalam hidung anda bisa mendapatkannya di apotik.
  • Gunakan tissue, jika anda tidak mempunyai penyedot lendir cobalah dengan menggunakan tissue yang sudah dilipat kecil sampai cukup untuk dimasukkan ke lubang hidung bayi anda dan bersihkan ingus pada bayi anda sampai dirasa cukup bersih.
  • Gunakan obat tetes saline, anda bisa mendapatkannya di apotik caranya dengan diteteskan pada hidung bayi anda.


Itulah artikel mengenai tips mengatasi hidung tersumbat baik untuk bayi, anak-anak hingga orang dewasa agar saat kita mengalami hidung tersumbat kita dapat segera melakukan tips di atas agar lebih cepat sembuh.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Manfaat berpikiran positif untuk kesehatan

Sumber: www.merdeka.com



0 komentar:

Poskan Komentar