Depan » , » Bad mood atasi dengan makanan ini

Bad mood atasi dengan makanan ini

Bad mood seringkali terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari tanpa kita sadari, penyebabnya bisa karena mengalami stres atau depresi, mengalami keadaan atau peristiwa yang tidak menyenangkan, atau adanya masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita merasa malas untuk melakukan aktifitas dan juga malas untuk bertegur sapa dengan orang lain, biasanya kita akan diam seribu bahasa atau jika tidak kita akan merasa kesal dan marah-marah untuk melampiaskan kekesalan tersebut.

Jika keadaan ini sering terjadi dalam kehidupan kita tentunya akan menimbulkan dampak negatif terutama dalam bersosialisasi dengan orang lain, membuat kita dijauhi oleh orang-orang disekeliling kita dan tentunya membuat hidup kita menjadi tidak bahagia karena seringnya mengalami bad mood.

Jika anda mengalami bad mood sekarang anda tidak usah bingung karena makanan-makanan di bawah ini akan membantu meningkatkan mood anda agar lebih baik, ingin tahu apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini seperti yang dilansir oleh App for Health:

Bad mood atasi dengan makanan ini1. Sarapan pagi
Banyak dari kita yang seringkali melewatkan sarapan pagi, mungkin karena tidak terbiasa atau tidak sempat untuk sarapan pagi, namun hal ini justru sangat kurang baik untuk kesehatan kita karena sarapan pagi akan memberikan energi untuk kita beraktifitas sehingga kita tidak cepat merasa lelah selain itu sarapan pagi ternyata juga baik untuk meningkatkan mood kita dan meningkatkan konsentrasi.
Sarapan pagi yang terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein diantaranya seperti susu, telur, kacang, sereal, gandum, dan oat.

2. Folat
Para peneliti telah membuktikan bahwa folat dapat digunakan oleh tubuh untuk meningkatkan mood kita menjadi lebih baik, seperti penelitian yang dilakukan pada orang yang sering mengalami depresi ternyata mereka kurang mengkonsumsi folat, berbeda dengan mereka yang cukup mengkonsumsi folat mereka menjadi lebih ceria dan bersemangat, folat merupakan salah satu bentuk dari vitamin B yang baik untuk membuat mood anda menjadi lebih baik.
Makanan yang mengandung asam folat tinggi diantaranya kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, buah bit, jagung, tomat, jeruk, alpukat dan sayuran berwarna hujau tua.

3. Asam lemak omega-3
Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 akan menurunkan resiko seseorang mengalami depresi karena omega-3 dapat mengurangi peradangan pada cytokinesis di bagian otak yang dapat memicu terjadinya depresi atau stres.
Anda bisa mendapatkan omega-3 dari makanan seperti telur, walnut, makarel, salmon, dan sarden.

Simak juga artikel terkait lainnya seperti Manfaat omega 3 untuk kesehatan

4. Vitamin D
Mungkin kita hanya tahu vitamin D sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang tapi ternyata vitamin D juga sangat baik untuk meningkatkan mood kita menjadi lebih baik karena vitamin ini dapat meningkatkan serotonin yaitu zat kimia diotak yang berfungsi untuk mengendalikan mood, sehingga sangat baik untuk menurunkan depresi dan masalah mental yang berhubungan dengan mood.
Vitamin D bisa didapat dari berbagai sumber seperti sinar matahari, kuning telur, susu kedelai, susu rendah lemak atau anda bisa mengkonsumsi multivitamin yang tentunya mengandung vitamin D di dalamnya.

5. Vitamin B12
Beberapa vitamin B diantaranya vitamin B12 sangat bermanfaat untuk kesehatan mental seperti masalah saraf ataupun masalah psikis yang dapat membuat seseorang mengalami depresi.
Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dari makanan seperti salmon, tiram, kepiting, yoghurt rendah lemak, susu, telur dan daging sapi tanpa lemak.

Itulah beberapa makanan penting yang bermanfaat untuk mengatasi masalah mood yang kurang baik, dengan mengkonsumsi makanan-makanan di atas akan membantu meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik.
Semoga bermanfaat.

Sumber: merdeka.com/sehat




0 komentar:

Poskan Komentar