Depan » , , » Cara diet sehat

Cara diet sehat

Cara diet sehat merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan saat ini terutama bagi mereka yang sedang mengalami kegemukan, karena dengan tubuh yang gemuk membuat penampilan menjadi kurang menarik dan membuat seseorang terutama wanita menjadi kurang percaya diri.

Karena itu saat ini banyak bermunculan program-program diet sehat yang memberikan program diet terbaik seperti diet mayo, ocd, wrp, paleo diet dan masih banyak yang lainnya, namun meskipun program diet tersebut menjanjikan keberhasilan dalam setiap programnya jika kita tidak mengikuti setiap aturan yang sudah ditentukan maka program-program diet tersebut menjadi sia-sia.

Di bawah ini ada beberapa tips atau cara untuk menurunkan berat badan, apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Niat dan disiplin
Bagi sebagian orang mungkin hanya bersemangat pada awalnya saja karena kurangnya disiplin dan rasa malas membuat program diet yang dilakukannya menjadi sia-sia, untuk mendapatkan hasil seperti yang diharapkan tentunya membutuhkan niat atau semangat yang tinggi serta kedisiplinan.

2. Mempunyai target
Dalam melakukan suatu hal termasuk dalam menjalankan program diet tentunya harus ada tujuan yang bisa kita raih agar kita bisa berusaha keras menyelesaikan setiap tahap dari program tersebut, namun sebaiknya usahakan mempunyai target yang wajar-wajar saja karena jika terlalu tinggi maka saat kita tidak mencapai apa yang menjadi target kita maka kita akan menjadi putus asa dan malas untuk meneruskannya.

Cara diet sehat3. Hindari diet terlalu ketat
Tubuh membutuhkan kalori perhari sekitar 1.200 sampai 1.500 agar selalu prima, jika tubuh hanya mendapatkan kalori sekitar 600 sampai 800 perhari akan membuat terganggunya sistem metabolisme tubuh sehingga beresiko terjadinya gangguan pada tubuh.

4. Jangan melewatkan sarapan
Berdasarkan penelitian orang-orang yang berhasil dalam menurunkan berat badannya adalah mereka yang selalu melakukan sarapan pagi, dengan melewatkan waktu makan pagi adalah merupakan mitos yang salah dan tidak disarankan, aturlah sarapan pagi anda lebih awal agar pembakaran energi menjadi lebih cepat.

5. Atur menu sarapan pagi anda
Hindari makan pagi dengan menu makanan yang mengandung lemak tinggi, menu yang disarankan adalah roti gandum panggang, 1 butir telur dan semangkuk salad atau bisa juga 100 gram nasi, sepotong ikan dan semangkuk sayur seperti yang disarankan dr. Pauline Endang SpGK, dokter spesialis gizi klinis di Jakarta.

6. Mengunyah makanan hingga lembut
Makan yang baik adalah dengan mengunyah makanan tersebut sebanyak 36 kali sehingga makanan yang kita telan sudah lembut dan ini sangat baik agar makanan tersebut mudah dicerna oleh tubuh.

7. Banyak minum air putih
Untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar serta terhindar dari penyakit adalah salah satunya dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap harinya atau sekitar 8 gelas, begitupun saat melakukan program diet banyak minum air putih merupakan syarat utama yang harus dilakukan.

8. Mengkonsumsi banyak serat
Serat sangat penting untuk kesehatan tubuh terutama untuk pencernaan, dengan mengkonsumsi serat yang cukup maka lemak akan terbuang, orang dewasa memerlukan asupan serat sebanyak 21 gram per harinya, dalam buah dan sayuran terkandung banyak serat yang baik untuk tubuh sehingga membantu program diet anda.

9. Mengkonsumsi protein yang cukup
Mengkonsumsi buah dan sayuran akan sangat baik untuk tubuh namun tubuh juga memerlukan protein untuk meningkatkan metabolisme terutama untuk sistem pencernaan.

10. Berolahraga
Olahraga adalah suatu kegiatan yang dapat membuat tubuh menjadi sehat serta terhindar dari berbagai macam penyakit, dengan keluarnya keringat maka segala kotoran juga akan terbuang, anda bisa membakar kalori dalam tubuh dengan melakukan olahraga, anda bisa memilih olahraga yang cocok dengan anda seperti aerobik, jogging ataupun jalan kaki, berjalan kaki selama 5 menit tiap jamnya dapat membakar kalori sebanyak 200-300 kalori.

Itulah tips cara diet sehat yang penting untuk dijalankan saat anda ingin menjalankan program diet sehat, agar mendapatkan hasil seperti yang diharapkan namun tetap sehat.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel lainnya Manfaat serat untuk kesehatan

Sumber: femina.co.id




0 komentar:

Poskan Komentar