Depan » , » Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut

Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kesehatan gigi dan mulut dapat kita jaga dengan baik agar tidak mengakibatkan gangguan kesehatan yang tentunya dapat mengakibatkan terganggunya aktifitas kita sehari-hari apalagi jika sampai gigi yang mengalami berlubang dan membusuk tentunya akan mengeluarkan bau tak sedap dari mulut kita membuat kita dijauhi oleh orang-orang yang berada disekitar kita.

Di Indonesia merawat kesehatan gigi merupakan hal yang dianggap remeh, dan biasanya orang-orang akan pergi ke dokter gigi setelah mereka mengalami sakit atau terjadi masalah pada giginya, jika belum mengalami gangguan maka tidak pernah sedikitpun memikirkan untuk memeriksakan giginya pada dokter gigi.

Bandingkan dengan negara-negara maju, kesehatan gigi adalah salah satu yang penting sehingga mereka bebas dari masalah sakit gigi selain itu penampilan gigi mereka terlihat rapi, bersih dan sehat sehingga kita kagum akan penampilan mereka saat mereka tersenyum.

Tips menjaga kesehatan gigi dan mulutAda beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut agar gigi dan mulut kita menjadi lebih sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan:
  • Rajinlah menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride minimal 2 kali sehari yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum pergi tidur, namun kadangkala kebiasaan yang sering dilakukan adalah gosok gigi di pagi hari sebelum makan, cara itu sah-sah saja namun alangkah lebih baik jika dilakukan setelah makan pagi, karena sisa makanan bisa langsung dibersihkan untuk mengurangi berkembang biaknya bakteri di dalam mulut anda, jika memungkinkan lakukan gogok gigi setelah anda makan siang agar kesehatan gigi anda lebih terjaga dengan baik.
  • Untuk mengurangi terjadinya karang gigi dan plak maka perlu juga berkumur dengan obat kumur cukup sekali dalam seminggu, karena terlalu sering berkumur menggunakan obat kumur juga kurang baik untuk kesehatan mulut.
  • Sebaiknya gunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut agar sikat gigi tidak membuat iritasi gusi, karena jika tidak berhati-hati maka menggunakan sikat gigi yang keras saat menggosok gigi dapat membuat gusi menjadi berdarah.
  • Sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan pemutih gigi, jangan asal sembaranggan menggunakannya karena belum tentu pemutih gigi tersebut aman dan cocok dengan kondisi gigi dan mulut anda.
  • Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gula didalamnya seperti permen, coklat manis, atau minuman manis dan juga kurangi makanan yang bertepung karena makanan-makanan tersebut dapat lebih mudah melekat pada permukaan gigi dan sela-sela gigi.
  • Sering-seringlah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti wortel, apel serta seledri karena makanan tersebut dapat membantu membersihkan gigi anda.
  • Membatasi mengkonsumsi minuman yang dapat membuat gigi anda menjadi gelap atau tidak putih lagi karena pengaruh dari minuman tersebut seperti teh, kopi dan anggur merah, atau jika anda suka mengkonsumsi minuman tersebut menggosok gigilah sesudahnya.
  • Berhentilah merokok, selain merokok dapat merusak kesehatan tubuh anda kandungan nikotin dalam rokok dapat membuat gigi anda menjadi menjadi hitam, rusak dan bau tak sedap.
  • Biasakan melakukan cek kesehatan gigi anda setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi agar gigi anda bisa terawat dengan baik dan terhindar dari sakit gigi karena gigi yang berlubang.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut yang penting untuk kita ketahui agar gigi kita menjadi sehat dan bersih,

Simak juga artikel lainnya Tips menghilangkan bau mulut

Sumber: www.readersdigest.co.id




0 komentar:

Poskan Komentar