Depan » , , » Tips mencegah kanker

Tips mencegah kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mengerikan dan perlu diwaspadai karena jika seseorang terkena kanker dan terlambat ditangani dapat mengakibatkan kematian, namun seperti yang dilansir oleh American Cancer Society bahwa sebenarnya resiko penyakit kanker dapat dicegah hingga sekitar sepertiganya sehingga terhindar dari kematian yaitu hanya dengan melakukan hal yang sangat sederhana misalnya melakukan perubahan gaya hidup dan ini terkait dengan hal-hal yang sangat mungkin dilakukan seperti menghindari kelebihan berat badan, rutin melakukan aktivitas  fisik seperti berolahraga serta selalu menjaga pola makan yang sehat dan bergizi dan yang juga sangat penting adalah menghindari rokok.

Banyak macam penyakit kanker yang berkembang dan bermunculan sekarang ini semua dipengaruhi oleh berbagai macam faktor misalnya pola hidup yang tidak sehat, radikal bebas dan masih banyak hal lainnya sehingga penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang bisa saja  mengancam kesehatan tubuh kita, karenanya sangat penting kita selalu menjaga pola hidup sehat agar kita dapat terhindar dari penyakit yang mengerikan ini.

Tips mencegah kankerAda beberapa hal yang penting yang perlu kita ketahui agar resiko penyakit kanker dapat kita hindari dengan melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Selalu menjaga berat badan yang sehat.
Saat anda serius menjaga berat badan maka anda akan melakukan hal-hal lainnya seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan ini sangat membantu untuk terhindar dari resiko penyakit kanker.

2. Olahraga secara teratur.
Kadangkala ada sebagian orang yang menganggap remeh untuk melakukan berolahraga, namun justru olahraga merupakan hal yang sangat penting dilakukan karena dapat mengoptimalisasi insulin dan leptin signaling dan seperti penelitian yang dilakukan dengan rutin berolahraga menunjukkan efek yang sangat kuat dalam menurunkan resiko kanker.

3. Mengurangi mengkonsumsi gula terutama fruktosa.
Secara umum jika kita mengkonsumsi gula berlebihan akan sangat buruk untuk kesehatan, meskipun kita membutuhkan karbohidrat sebaiknya kita mengurangi fruktosa karena dapat terganggunya pembakaran lemak saat kita melakukan aktivitas fisik.

4. Mengoptimalkan vitamin D.
Vitamin D ini sangat penting bagi tubuh karena dapat mempengaruhi hampir setiap sel dalam tubuh dan sangat efektif dalam melawan sel kanker dalam tubuh.

5. Mengkonsumsi Omega-3.
Rutin mengkonsumsi omega-3 akan sangat baik untuk tubuh dalam mengatasi sel kanker, sumber omega-3 terdapat dalam ikan salmon. minyak ikan cod, ikan tuna dan lain-lain.

6. Curcumin.
Curcumin ini terdapat dalam kunyit yang mudah kita jumpai sebagai bumbu dapur namun sangat efektif untuk melawan sel kanker.

7. Hindari medan elektromagnetik.
Jika memungkinkan sebaiknya hindari terlalu lama membawa telepon seluler dekat dengan tubuh kita serta penggunaan selimut listrik yang terlalu sering dapat memicu terjadinya kanker.

8. Banyak mengkonsumsi jus sayuran hijau organik.
Sayuran hijau merupakan makanan alami yang baik untuk tubuh saat dikonsumsi setiap hari namun sebaiknya pilihlah yang organik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Hindari mengkonsumsi kedelai non fermentasi.
Jika anda ingin mengkonsumsi makanan dengan bahan dasar kedelai sebaiknya pilihlah kedelai yang sudah terfermentasi seperti tempe, kecap, miso, kecambah kedelai dll, menurut penelitian yang dilakukan oleh The Cancer Council of New South Wales mengkonsumsi kedelai non fermentasi akan berdampak buruk bagi tubuh serta mempercepat pertumbuhan kanker.

10. Hindari merokok.
Tentunya kita sudah tahu banyak akan bahaya merokok bagi tubuh dan salah satunya adalah penyakit kanker.

11. Mengatur pola makan sehat.
Sangat penting kita mengatur pola makan sehat dengan memilih makanan yang sehat dan bergizi.

12. Hindari stres.
Aturlah hari-hari anda dengan pikiran yang rileks, buang segala hal-hal buruk dalam diri anda seperti sakit hati, kebencian, kekecewaan dll karena menurut penelitian orang yang mengalami hal-hal tersebut berkepanjangan lebih rentan mengalami penyakit ini.

Itulah beberapa tips mencegah kanker yang penting untuk diketahui agar kita bisa terhindar dari penyakit kanker.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel lainnya: Kunyit obat kanker paling hebat

Sumber: healthy-holistic-living.com



0 komentar:

Poskan Komentar