Depan » , , » 7 gangguan pencernaan karena stres

7 gangguan pencernaan karena stres

Stres merupakan hal yang sering terjadi bagi setiap manusia semua dikarenakan berbagai hal dan keadaan sehingga mempengaruhi kesehatan seseorang, namun jika stres masih tergolong ringan maka mudah untuk melepaskannya namun jika stres tersebut begitu berat dan berkepanjangan maka sebaiknya kita berhati-hati karena banyak sakit penyakit yang bisa timbul dari adanya stres tersebut.

Mungkin kita pernah menghadapi suatu keadaan yang membuat kita begitu takut, cemas, gelisah maka biasanya perut kita akan terasa mulas, keluar keringat dingin dan susah berkonsentrasi dan pikiran menjadi tegang, itulah beberapa tanda kita mengalami stres sehingga mempengaruhi kesehatan kita terutama berkaitan erat dengan gangguan pencernaan.

7 gangguan pencernaan karena stres Seperti yang dilansir dari healthmeup.com organ tubuh kita di bagian perut yaitu lambung serta usus memiliki saraf-saraf yang terhubung dengan otak dan menurut penelitian 95 persen serotonin dalam tubuh atau hormon yang berperan dalam mengatur suasana hati dapat ditemukan di dalam sistem pencernaan kita.

Tidak heran jika saat kita stres maka lambung kita yang mulai mengalami gangguan seperti mulas dan lain-lainnya akibat meningkatnya asam lambung selain itu terjadinya gangguan kontraksi organ pencernaan dan mengurangi sekresi enzim pencernaan serta terganggunya aliran darah menuju sistem pencernaan.

Inilah beberapa efek yang timbul akibat dari stres yang dialami seseorang pada kesehatan sistem pencernaan:
1. Stres dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung di dalam perut sehingga efeknya perut kita akan terasa mulas.
2. Saat seseorang mengalami stres maka sistem pencernaan akan terganggu dan jika semakin berat dan berkepanjangan dapat mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan akut akibat dari terganggunya keseimbangan asam serta cairan di dalam sistem pencernaan.
3. Stres yang dibiarkan berkepanjangan dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami sindrom iritasi usus besar.
4. Adanya stres yang terjadi pada seseorang mengakibatkan terganggunya kegiatan dalam perut untuk proses mencerna dan akibatnya seseorang akan mengalami mual.
5. Stres dapat memicu terjadinya ketegangan pada kerongkongan sehingga bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami kejang.
6. Stres dapat membuat seseorang mengalami penurunan daya tahan tubuh di dalam pencernaan sehingga mengakibatkan seseorang akan rentan terhadap infeksi lambung.
7. Stres akan sangat mempengaruhi sistem pencernaan terutama usus sehingga seseorang yang mengalami stres akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan seperti diare dan sembelit.

Itulah beberapa efek yang timbul pada sistem pencernaan dikarenakan adanya stres yang terjadi, namun kita bisa mengantisipasi dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung banyak serat serta melakukan meditasi atau relaksasi agar kita bisa terhindar dari stres yang berdampak buruk untuk sistem pencernaan kita.

Simak juga artikel lainnya: Waspada serangan jantung pada anak muda

Sumber: Merdeka.com



0 komentar:

Poskan Komentar