Depan » » Cara Ampuh Terhindar dari Dehidrasi Saat Puasa

Cara Ampuh Terhindar dari Dehidrasi Saat Puasa


AVEhealth - Saat puasa biasanya tubuh merasa lemas, terutama untuk yang suka minum air putih sehingga saat puasa sering terkena dehidrasi.
Lemas setelah berpuasa umumnya disebabkan karena penurunan kadar glukosa maupun gangguan keseimbangan cairan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi diet berindeks glikemik rendah namun tinggi serat. Beberapa contoh bahan pangan yang termasuk dalam kategori tersebut adalah kentang rebus, beras merah, gandum, atau buah-buahan. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat serta karbohidrat kompleks, pencernaan akan berlangsung secara bertahap sehingga kadar glukosa dalam darah juga lebih stabil. Hal ini akan membantu Anda menghindari rasa lemas saat berpuasa.

Selain penurunan kadar glukosa, kekurangan cairan dalam tubuh juga dapat berdampak pada gangguan metabolisme dan timbulnya rasa lemas. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengonsumsi cukup cairan saat sedang berbuka dan sahur. Jumlah cairan yang dianjurkan adalah minimal 8 gelas sehari.

Sumber: merdeka.com

0 komentar:

Poskan Komentar