Depan » » 3 Tips Memperbaiki Mood Kamu

3 Tips Memperbaiki Mood Kamu


AVEhealth - Hormon, merupakan salah satu faktor yang bertanggung jawab untuk rasa murung, gelisah, khawatir, jerawat, keinginan untuk mengonsumsi gula, dan bahkan cepat marah. Sistem endoktrin, yang merupakan serangkaian kelenjar yang bertanggung jawab untuk melepaskan hormon.

Pada wanita, otak menjalin komunikasi dengan tiroid, adrenal dan ovarium untuk memicu ovulasi dan haid. Bersamaan dengan itu, ini juga mengatur metabolisme, suasana hati, respon stres, tingkat energi, berat badan dan juga dorongan seks. Stres, dapat menyebabkan gangguan pada hormon kamu.

Stres kronis dapat menyebabkan peradangan dan mempengaruhi tiroid dan hormon progesteron. Progesteron rendah dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi, depresi, nyeri payudara, perubahan suasana hati, insomnia, gairah seks yang rendah, kelelahan, dan kecemasan.

Nah, untuk menghindari itu terjadi menjaga keseimbangan hormon menjadi hal yang penting. Melansir dari maryvancenc.com, berikut ini merupakan empat tips untuk menjaga keseimbangan hormon kamu.

1. Mengurangi gula dan wine

Gula dan minuman keras adalah dua sumber endoktrin terbesar yang berkontribusi untuk memicu stres. Gula menyebabkan peradangan dan juga memicu perkembangan bakteri jahat dalam usus. Wine (atau minuman keras lainnya) menekan sistem pembersihan racun (detoks). Kondisi inilah yang mengganggu keseimbangan hormon kamu.

2. Tidur

Tak dipungkiri tidur adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa stres yang cukup efektif. Tetapi, kurang mendapatkan tidur dapat berefek sebaliknya.

Kurang tidur akan menyebabkan kadar kortisol kamu menjadi tinggi, mempercepat peningkatan berat badan, membuat kamu menginginkan makanan manis, dan juga merasa lemas tak bersemangat untuk beraktivitas.

Usahakan untuk mendapatkan tidur sekitar 8-9 jam setiap malam. Jangan takut untuk menambahkan tidur kamu setidaknya 20 menit di siang hari.

3. Menjaga kesehatan hati

Organ hati kamu bertanggung jawab atas metabolisme hormon dan memainkan peran penting dalam keseimbangan hormon tubuh. Hati memiliki tugas yang cukup berat, yaitu menyaring segala sesuatu yang kamu konsumsi (termasuk obat), minuman, bernapas, dan apa yang diserap oleh kulit.

Jadi, cobalah untuk mulai memperhatikan organ hati kamu dengan mengonsumsi makanan yang mereka suka seperti sayuran, protein dari tanaman, telur, sayuran hijau, dan lainnya.

Nah,selain tiga hal di atas, penting juga buat kamu untuk mengatasi sumber stres yang kamu alami. Seperti yang kamu ketahui, stres turut andil besar dalam ketidakseimbangan hormon kamu. Meskipun tak mudah, tetapi menyelesaikan akar stres adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasinya.



source

0 komentar:

Poskan Komentar